Categories: Teknologi

Adanya Digital Marketing Dalam Dunia Metaverse

Digital Marketing Dunia Metaverse – Metaverse bisa dikatakan sebagai pengulangan internet masa depan yang meliputi banyak hal di ruang virtual 3D. Sebagai masa depan internet, metaverse menyediakan ruang untuk bekerja, bermain dan berkomunikasi lain dengan virtual. Jika kamu mempunyai bisnis, kamu dapat menggunakan metaverse ini untuk memasarkan produk. Metaverse dapat menjadi salah satu channel marketing terbaru untuk menarik minat para pelanggan. 

Keuntungan Pemasaran Menggunakan Metaverse

1. Influencer Marketing

Mungkin kamu pernah mendengar sebuah istilah influencer. Istilah ini berkaitan dengan pengguna media sosial yang diketahui banyak orang yang bisa mempengaruhi keputusan pengguna lain. Nantinya, jumlah influencer virtual diprediksi akan semakin bertambah. Perusahaan yang telah memanfaatkan influencer virtual menjadi sebuah strategi digital marketing dalam metaverse yaitu Dior.

2. Digital Campfire

​Istilah digital campfire tertuju terhadap komunitas mikro yaitu pengguna media sosial bisa berinteraksi dengan lebih pribadi. Sekarang ini, anak muda sudah bertransformasi dari media sosial yang lebih platformnya yang lebih besar dan pribadi termasuk forum Reddit. Digital campfire bisa jadi sebuah ruang lingkup untuk membuat interaksi dengan pelanggan dengan lebih interaktif.

Baca Juga : Meta Immersive Learning Academy Resmi Diluncurkan di Indonesia

3. Iklan Sensorik

Sebelumnya, iklan yang menarik minat hanya memanfaatkan efek visual dan juga suara. Nantinya, iklan tentu bisa dibuat secara menarik dengan menyertakan seluruh panca indra penggunanya. Simulasi teknologi haptic atau sensasi dan sentuhan karena kontak fisik antara penggunanya dengan komputer juga bisa membuat iklan akan jadi lebih menarik. Teknologi haptic tersebut berpotensi  bisa meningkatkan keterkaitan pelanggan.

4. Digital 3D Showroom dalam Virtual World

Produk sepatu terkenal dari Amerika, Nike sudah menghadirkan dunia virtual yang berguna sebagai showroom untuk mempromosikan produknya. Dunia virtual ini dihadirkan dalam platform game online multiplayer Roblox yang bernama ‘Nikeland’. Tersedia beragam bangunan, lapangan, serta area olahraga dalam dunia virtual nikeland ini, yang bisa dimanfaatkan para penggunanya untuk bermain bersama.

5. Massive Interactive Live Event: Fashion Exhibition, Virtual Music Show

Massive interactive live event atau MILE adalah suatu acara interaktif yang isinya permainan dan live shows. Acara ini bisa memberi penontonnya pengalaman yang berkesan. Bahkan, penontonnya juga bisa menciptakan teman baru dan berkomunikasi dengan konten. Hampir sama seperti Digital 3D Showroom, brand bisa memasarkan brandnya ke penonton MILE dengan pengalaman yang berkesan.

iptek

Recent Posts

Teknologi Canggih di GIK UGM

Teknologi Canggih di GIK UGM - Inovasi teknologi kini hadir lebih dekat dengan masyarakat melalui…

13 hours ago

Digital Fatigue: Dampak Penggunaan Teknologi

Digital Fatigue: Dampak Penggunaan Teknologi - Di era digital yang serba cepat ini, teknologi telah…

3 days ago

Metaverse VR Karya Mahasiswa UMM

Metaverse VR Karya Mahasiswa UMM - Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) sukses menghadirkan inovasi teknologi…

6 days ago

VR Stanford Kurangi Ketakutan Anak

VR Stanford Kurangi Ketakutan Anak Disuntik Saat Imunisasi - Bagi banyak anak, momen disuntik bisa…

1 week ago

Virtual Reality Dikembangkan Pupuk Kaltim

Virtual Reality Dikembangkan oleh Pupuk Kaltim untuk Tingkatkan Kompetensi Operator - PT Pupuk Kalimantan Timur…

2 weeks ago

Samsung Siapkan Mixed Reality

Samsung Siapkan Mixed-Reality di 2025 - Perusahaan Korea Samsung akan kembali memasuki dunia mixed reality…

2 weeks ago