Alasan untuk Memulai Penggunaan Sistem Surat Digital
Surat Digital – Penggunaan ssitem surat digital di dalam administrasi sekarang ini begitu penting untuk digunakan di mana saja, baik itu di sebuah perusahaan karena kini mengingat berbagai hal sudah bisa dilakukan dengan komputerisasi. Menggunakan system surat digital dan saat menerapkannya didukung dengan bantuan aplikasi yang di bangun untuk proses pengelolaan administrasi baik itu perusahaan atau di sebuah instansi untuk digunakan semaksimal mungkin kertas dan mendigitalisasikan dokumen menggunakan berbagai teknologi yang ada.
Dengan adanya sistem paperless office bisa memudahkan untuk mengelola surat digital dan mempersingkat proses surat tanpa harus menggunakan biaya yang banyak.
Inilah beberapa keuntungan menggunakan paperless office :
1. Penyimpanan yang lebih efisien
Surat yang telah berbentuk digital tentu akan membutuhkan sangat sedikit penyimpanan daripada menggunakan surat yang menggunakan kertas. Surat yang telah di digitalisasikan bisa disimpan pada hard drive yang dimana 1 hard drive bisa mencakup ribuan bahkan ratusan ribu surat. Bukan itu saja, surat yang tersimpan berbentuk digital akan lebih mudah dan cepat ditemukan jika dikelola dengan tepat.
2. Lebih cepat membuat surat
Membuat surat bisa dibuat dengan cepat menggunakan sistem paperless office. Berbagai surat yang akan menjadi laporan bisa ditemukan lebih mudah dan cepat. Laporan yang membutuhkan adanya surat hanya tinggal men-copy dari surat yang ada. Surat yang ada juga tidak akan hilang dan rusak jadi saat membuat laporan surat akan menjadi lebih efisien.
Baca Juga : Manfaat Penggunaan Teknologi Informasi dalam Bisnis
3. Membuat surat otomatis menggunakan template
Biasanya setiap surat mempunyai bentuk tulisan yang berbeda sesuai dengan tujuan dibuatnya surat tersebut. Dengan menggunakan system tradisional, jika anda akan menulis surat berdasarkan format khusus, maka anda harus menggunakan referensi surat lalu menuliskan kembali format tulisannya.
4. Memaksimalkan performa organisasi
Adanya system surat digital, seluruh tim bisa melakukan setiap tugasnya dan juga menghubungkan pekerjaan tim yang satu dengan tim lainnya dengan lebih mudah tanpa harus bertemu langsung, sehingga akan membantu pekerjaan menjadi lebih maksimal.
5. Kualitas layanan meningkat
Karena performa yang maksimal dan pengerjaan lebih cepat, layanan yang diberi juga akan lebih meningkat. Mengelola surat akan lebih mudah tanpa perlu menggunakan biaya yang banyak. Keperluan masyarakat pada hal surat administrasi juga akan menjadi lebih efektif.
Leave a Reply