Categories: ARArtikel ARBusiness

Apa itu Iklan Augmented Reality?

Apa itu Iklan Augmented Reality? – Kini, pelanggan telah terbiasa dengan berbagai informasi yang diperoleh melalui iklan, sehingga kini pelanggan sudah tidak begitu menanggapinya.

Strategi dimana seseorang didorong untuk membeli, kini mulai memudar.

Augmented reality (AR) merupakan teknologi yang efektif untuk menerapkan kampanye iklan viral yang bisa menarik perhatian audiens.

Teknologi ini bisa mencghadirkan hubungan emosional antara pengguna dengan brand melalui interaktivitas dan personalisasi.

Maka dari itu, penggunaan teknologi Augmented Reality dalam periklanan bisa diperhatikan saat tujuan dari kampanye tidak ditujukan untuk pembelian satu kali.

Akan tetapi, untuk membangun hubungan dalam jangka panjang dengan pelanggan.

Apa itu iklan Augmented Reality (AR)?

Biasanya, saat orang berbicara promosi menggunakan augmented reality, yang mereka maksud yaitu aplikasi seluler.

Dimana, mereka menggunakan smartphone melalui perangkat kamera untuk memasukkan konten marketing ke dalam dunia nyata.

Pengguna harus mengunduh aplikasi AR dalam perangkat seluler mereka untuk mengakses konten AR melalui kamera.

Selain itu, promosi melalui AR harus bermanfaat, menghibur, atau mendidik untuk mendorong konsumen untuk menginstalnya.

Platform seluler saat ini adalah cara distribusi yang paling sering digunakan untuk iklan dengan teknologi ini, namun itu bukan satu-satunya.

Iklan melalui teknologi ini akan muncul di portal berita bersama dengan iklan digital lain.

AR dalam iklan di media sosial akan memungkinkan konsumen untuk memeriksa produk secara instan menggunakan fungsi uji coba virtual.

BACA JUGA : Alasan AR Bermanfaat bagi Periklanan Digital

Perbedaan dengan Iklan Tradisional

Interaktivitas dan efek menarik dari iklan AR melibatkan pengguna secara emosional.

Dengan begitu, iklan ini bisa akan menjadi lebih efektif dibandingkan iklan tradisional dan bisa meningkatkan penjualan.

Jenis-jenisnya

Iklan AR Outdoor

Iklan Augmented Reality dalam jenis ini ditampilkan pada khalayak luas dan biasanya tidak membutuhkan tindakan langsung apa pun dari pengguna.

Tapi meski begitu, strategi iklan AR ini lebih efektif dibandingkan iklan outdoor tradisional.

Iklan AR Mobile

Penggunaan teknologi AR dalam iklan mobile hampir tidak terbatas, dan kini bisnis baru mulai mengeksplorasi kemungkinan ini.

Dengan aplikasi mobile ini, brand bisa melacak data GPS pengguna dan menjalankan iklan Augmented Reality hyperlocal yang efektif.

Dengan menggunakan kemasan AR, perusahaan bisa mengarahkan konsumen ke rak produk, berinteraksi, dan akhirnya melakukan pembelian.

Uji coba virtual bisa membantu meningkatkan konversi iklan secara signifikan.

iptek

Recent Posts

Teknologi Canggih di GIK UGM

Teknologi Canggih di GIK UGM - Inovasi teknologi kini hadir lebih dekat dengan masyarakat melalui…

1 day ago

Digital Fatigue: Dampak Penggunaan Teknologi

Digital Fatigue: Dampak Penggunaan Teknologi - Di era digital yang serba cepat ini, teknologi telah…

3 days ago

Metaverse VR Karya Mahasiswa UMM

Metaverse VR Karya Mahasiswa UMM - Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) sukses menghadirkan inovasi teknologi…

7 days ago

VR Stanford Kurangi Ketakutan Anak

VR Stanford Kurangi Ketakutan Anak Disuntik Saat Imunisasi - Bagi banyak anak, momen disuntik bisa…

1 week ago

Virtual Reality Dikembangkan Pupuk Kaltim

Virtual Reality Dikembangkan oleh Pupuk Kaltim untuk Tingkatkan Kompetensi Operator - PT Pupuk Kalimantan Timur…

2 weeks ago

Samsung Siapkan Mixed Reality

Samsung Siapkan Mixed-Reality di 2025 - Perusahaan Korea Samsung akan kembali memasuki dunia mixed reality…

2 weeks ago