Augmented Reality Untuk Berbelanja

Augmented Reality Untuk Berbelanja – Teknologi AR sudah banyak digunakan dalam E-Commerce.

Saat ini, konsumen mungkin ingin merasakan pengalaman belanja secara online yang menarik.

Maka dari itu, teknologi Augmented Reality banyak diterapkan dalam bisnis.

Hal ini menjadikan konsumen memilih beralih untuk berbelanja dengan menggunakan platform digital.

Namun, berbelanja online mempunyai kekurangan seperti keterbatasan untuk melihat dan mencoba produk secara langsung.

Jadi karena itu, AR dikembangkan supaya konsumen bisa mengalami pengalaman berbelanja yang terasa lebih nyata dan lebih menarik. 

Pengertian Augmented Reality

Augmented Reality merupakan teknologi menjadikan penggunanya akan merasa dunia nyata sudah dilengkapi oleh elemen digital.

Teknologi ini menghadirkan sebuah objek yang merupakan sebuah bagian nyata dari lingkungan di sekitar pengguna.

Dengan hadirnya AR, Anda bisa melihat dan merasakan bahwa dunia nyata bisa menghadirkan objek virtual.

Contoh Perusahaan yang Menggunakan Teknologi Augmented Reality Untuk Berbelanja

1. IKEA

Perusahaan IKEA menciptakan aplikasi mobile yang bisa memvisualisasikan barang furnitur yang akan terlihat saat ditempatkan dalam rumah pelanggan.

2. SEPHORA

Perusahaan make up ini menggunakan teknologi AR supaya konsumen bisa melihat bagaimana produk akan tampil pada wajah mereka.  

3. DULUX

DULUX menerapkan teknologi AR untuk menampilkan bagaimana warna dinding akan terlihat, dengan berbagai macam warna yang diinginkan pelanggan.

Cara Tingkatkan Pengalaman Belanja dengan Menggunakan Augmented Reality dalam E-commerce
1. Pratinjau Tempat untuk Produk

Saat anda berbelanja secara online, kadang-kadang konsumen membeli produk yang salah maupun tidak sesuai karena tidak bisa melihat produk secara langsung.

Konsumen juga akan kesulitan untuk menggambarkan barang tersebut saat ditempatkan dalam rumah mereka.

2. Mencoba Menggunakan Produk Secara virtual

Dilansir dari narvar. com, alasan mengapa banyak pelanggan Amazon yang telah mengembalikan produk yang telah di beli yaitu karena ukuran dan warna yang salah.

Maka dari itu, untuk tingkatkan pengalaman berbelanja online, maka Anda harus menyediakan sebuah fitur yang memudahkan konsumen untuk bisa mencoba produk yang Anda tawarkan secara virtual.

Fitur tersebut biasanya akan di sediakan oleh pebisnis E-commerce dalam bidang fashion maupun kosmetik. 

Augmented Reality bisa dijadikan salah satu teknologi yang bermanfaat untuk para pemilik bisnis E-commerce dalam era digital.

Teknologi ini bisa memberi pengalaman berbelanja yang sangat menarik, sehingga loyalitas dari konsumen akan semakin meningkat.

BACA JUGA : Augmented Reality dalam Bisnis UMKM, Cara Efektif untuk Meningkatkan Keuntungan
iptek

Recent Posts

Teknologi Canggih di GIK UGM

Teknologi Canggih di GIK UGM - Inovasi teknologi kini hadir lebih dekat dengan masyarakat melalui…

20 hours ago

Digital Fatigue: Dampak Penggunaan Teknologi

Digital Fatigue: Dampak Penggunaan Teknologi - Di era digital yang serba cepat ini, teknologi telah…

3 days ago

Metaverse VR Karya Mahasiswa UMM

Metaverse VR Karya Mahasiswa UMM - Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) sukses menghadirkan inovasi teknologi…

7 days ago

VR Stanford Kurangi Ketakutan Anak

VR Stanford Kurangi Ketakutan Anak Disuntik Saat Imunisasi - Bagi banyak anak, momen disuntik bisa…

1 week ago

Virtual Reality Dikembangkan Pupuk Kaltim

Virtual Reality Dikembangkan oleh Pupuk Kaltim untuk Tingkatkan Kompetensi Operator - PT Pupuk Kalimantan Timur…

2 weeks ago

Samsung Siapkan Mixed Reality

Samsung Siapkan Mixed-Reality di 2025 - Perusahaan Korea Samsung akan kembali memasuki dunia mixed reality…

2 weeks ago