Blog x - Iptek Digital - Page 2

Blog x

Teknologi AR atau Augmented Reality berkembang dengan signifikan. AR memungkinkan penggabungan elemen digital ke dalam dunia nyata melalui perangkat seperti smartphone atau kacamata pintar.  Salah satu langkah konkret dalam pemanfaatan Teknologi AR adalah upaya Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dalam meningkatkan mitigasi bencana di Kota Palu

Meta Quest 3S dan Meta Quest 3 – Teknologi augmented reality (AR) dan virtual reality (VR) terus berkembang, menghadirkan pengalaman imersif yang semakin mendalam. Kali ini, Meta memperkenalkan Meta Quest 3S dan Meta Quest 3, dua headset yang menjanjikan inovasi canggih untuk pengguna AR dan VR. Namun, apa perbedaan utama di antara keduanya? Mari kita

Bagaimana VR Mengubah Hidup: Masa Depan yang Ada di Hadapan Kita – Teknologi Virtual Reality (VR) telah merevolusi berbagai aspek kehidupan, memberikan pengalaman yang sebelumnya hanya bisa dibayangkan.  Kini, VR bukan lagi sekadar perangkat untuk bermain game, melainkan alat yang mampu mengubah cara kita belajar, bekerja, berbelanja, hingga merawat k

Digital Fatigue: Dampak Penggunaan Teknologi – Di era digital yang serba cepat ini, teknologi telah menjadi bagian penting dari kehidupan sehari-hari.  Namun, penggunaan teknologi yang berlebihan juga memiliki konsekuensi, salah satunya adalah digital fatigue atau kelelahan digital. Kondisi ini tidak hanya mempengaruhi tubuh secara fisik, tetapi j

Metaverse VR Karya Mahasiswa UMM – Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) sukses menghadirkan inovasi teknologi baru untuk dunia pendidikan. Salah satu mahasiswa dari jurusan informatika UMM bernama Imelda Azalia berhasil meluncurkan sebuah proyek. Proyek tersebut merupakan Metaverse VR yang dinamakan DARI, yaitu Digital Art and Information.&n

VR Stanford Kurangi Ketakutan Anak Disuntik Saat Imunisasi – Bagi banyak anak, momen disuntik bisa menimbulkan ketakutan yang cukup besar. Tak jarang, anak-anak menangis dan merasa gelisah saat berada di ruang medis untuk imunisasi.  Melihat fenomena ini, tim peneliti di Stanford mencoba menghadirkan solusi melalui teknologi Virtual Reality (VR) yang