Sistem Gamification – Sistem gamification kini sudah banyak diterapkan pada beberapa aplikasi e-commerce diIndonesia. Penerapan sistem gamification ini tentu digunakan supaya bisa menarik perhatian para pembeli.
Bahkan, bukan hanya sesuai untuk e-commerce, sistem gamification juga sesuai diterapkan pada berbagai bisnis. Hal tersebut karena dalam sistem gamification adalah penggunaan sistem game pada suatu sistem bisnis. Tidak kalah juga telah banyak sekali bisnis yang telah menggunakan sistem gamification untuk menarik perhatian pembeli dan menjadikan konsumen lebih setia.
Gamification merupakan sebuah tahap yang merubah kegiatan dan pekerjaan menjadi hampir sama dengan game, yaitu dengan menggunakan konsep game seperti memberi poin, kejutan, misi, quest, dan lainnya.
Sistem gamification sudah ada selama puluhan tahun, tapi istilah baru dihadirkan di tahun 2002. Saat ini, aplikasi yang menggunakan system gamification ini sudah semakin banyak dan menarik perhatian banyak pebisnis.
Banyak yang telah membahas mengapa gamification bisa meningkatkan motivasi dan meningkatkan produksi. Jadi sederhananya, gamification merupakan cara yang efektif untuk mendorong anda menyelesaikan pekerjaan.
Dana dapat dikatakan sebagai salah satu e-commerce diIndonesia yang telah menggunakan sistem gamification. Sistem gamification dalam dana bekerja dengan cara, pengguna melakukan transaksi produk dalam aplikasi ini.
Salah satu toko e-commerce di Indonesia yaitu Tokopedia telah menerapkan system ini. Sistem gamification Tokopedia bekerja dengan cara menukar point loyalitas. Point loyalitas diperoleh dengan belanja dalam Tokopedia.
Kemudian, pada juga Go-Jek telah menggunakan sistem gamification dalam aplikasinya. Sistem dalam Go-Jek ini yaitu berbentuk lucky draw dengan menggunakan point.
Point tersebut bisa dikumpulkan dari hasil penggunanya ketika menggunakan jasa pada Go-Jek. Bukan itu saja, terdapat juga sistem quest yang dimana pengguna aplikasi, perlu melakukan sebuah transaki agar memperoleh voucher diskon.
Selanjutnya, pada aplikasi dari Tiket.com yang juga menerapkan sistem gamification. Sistem dalam tiket.com ini hampir mirip dengan Tokopedia.
Berbeda dengan tiket.com yang pointnya akan bisa langsung ditukar dengan diskon harga. Sistem gamification ini dapat dikatakan telah dikenal sangat luas. Bahkan, kini telah banyak digunakan untuk menarik perhatian dari para pembeli. Dengan system ini mungkin bisa meningkatkan penjualan jika diterapkan pada bisnis
Teknologi Canggih di GIK UGM - Inovasi teknologi kini hadir lebih dekat dengan masyarakat melalui…
Digital Fatigue: Dampak Penggunaan Teknologi - Di era digital yang serba cepat ini, teknologi telah…
Metaverse VR Karya Mahasiswa UMM - Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) sukses menghadirkan inovasi teknologi…
VR Stanford Kurangi Ketakutan Anak Disuntik Saat Imunisasi - Bagi banyak anak, momen disuntik bisa…
Virtual Reality Dikembangkan oleh Pupuk Kaltim untuk Tingkatkan Kompetensi Operator - PT Pupuk Kalimantan Timur…
Samsung Siapkan Mixed-Reality di 2025 - Perusahaan Korea Samsung akan kembali memasuki dunia mixed reality…