Categories: Metaverse

Karakteristik Metaverse yang Harus Diketahui

Karakteristik Metaverse – Apakah anda mengetahui istilah metaverse? Beberapa tahun belakangan ini, metaverse banyak diperbincangkan.

Bahkan, perusahaan raksasa teknologi seperti Facebook dan Microsoft juga turut merangkul istilah tersebut.

Istilah metaverse ini semakin terkenal sejak Facebook, perusahaan dari Mark Zuckerberg, melakukan rebranding dan berganti nama perusahaannya.

Pada tahun 2021, nama Facebook Inc. berganti menjadi Meta Platforms, Inc.

Sebenarnya, apa itu metaverse dan apa yang menjadikannya begitu populer ?

Karakteristik Metaverse

1. Ruang yang Terbuka dan Tidak Miliki Batas Antar Pengguna

Sebagai teknologi dunia virtual yang berbasis tiga dimensi, metaverse tentu harus bisa menghadirkan dunia yang tidak memiliki batas.

Batas tersebut yaitu batas antara dunia nyata dengan dunia virtual yang didukung oleh teknologi Virtual Reality dan Augmented Reality.

Dunia virtual tersebut harus bisa menjadi ruang yang tidak terbatas untuk penggunanya.

Dunia tersebut harus bisa menghilangkan batasan yang mungkin masih ada dalam  dunia virtual.

2. Persisten

Teknologi metaverse akan terus aktif. Teknologi ini tidak dapat dihentikan, di-reboot, maupun direset.

Semakin berkembanganya teknologi ini akan terus berjalan seiring dengan kontribusi pengguna, salah satunya dari konten dan desain. 

3. Menggunakan Sistem Desentralisasi

Blockchain adalah bagian besar dari teknologi metaverse yang bisa memastikan transaksi secara virtual sifat nyapublik, bisa dilacak, dan aman.

4. Teknologi yang Imersif

Teknologi yang menarik dan interaktif menjadi sebuah karakteristik paling terlihat dari metaverse.

Sehingga tidak heran apabila banyak perusahaan yang memanfaatkan teknologi ini.

Keunikannya bisa menarik banyak orang untuk menjadi penggunanya.

Dengan menggunakan headset VR, kacamata AR atau smartphone, maka anda bisa melakukan interaksi digital yang seakan nyata.

Sebagai dunia virtual yang terlihat seperti nyata, metaverse bisa menyesuaikan dengan objek, warna dan lingkungan sekitar penggunanya.

5. Ekonomi Virtual

Mata uang digital yang memiliki peran penting untuk mengembangkan ekonomi virtual sepenuhnya.

Para pengguna metaverse bisa terlibat pada ekonomi virtual dengan dukungan mata uang kripto, seperti SENSO dari Sensorium Galaxy.

Penggunanya bisa melakukan pembelian, menjual, dan menukar aset virtual.

6. Pengalaman Sosial

Kemampuan utama dari teknologi ini berfokus terhadap penggunanya.

Metaverse menjalin ikatan sosial antar pengguna dengan karakter artificial intelligence.

Para pengguna mempunyai  peran untuk membuat konten dan kreasi virtual dari interaksi yang dilakukan menggunakan avatar yang digerakkan AI.

Baca Juga : Alat Transaksi Dunia Virtual, Metaverse Crypto
iptek

Recent Posts

Teknologi Canggih di GIK UGM

Teknologi Canggih di GIK UGM - Inovasi teknologi kini hadir lebih dekat dengan masyarakat melalui…

1 day ago

Digital Fatigue: Dampak Penggunaan Teknologi

Digital Fatigue: Dampak Penggunaan Teknologi - Di era digital yang serba cepat ini, teknologi telah…

3 days ago

Metaverse VR Karya Mahasiswa UMM

Metaverse VR Karya Mahasiswa UMM - Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) sukses menghadirkan inovasi teknologi…

1 week ago

VR Stanford Kurangi Ketakutan Anak

VR Stanford Kurangi Ketakutan Anak Disuntik Saat Imunisasi - Bagi banyak anak, momen disuntik bisa…

1 week ago

Virtual Reality Dikembangkan Pupuk Kaltim

Virtual Reality Dikembangkan oleh Pupuk Kaltim untuk Tingkatkan Kompetensi Operator - PT Pupuk Kalimantan Timur…

2 weeks ago

Samsung Siapkan Mixed Reality

Samsung Siapkan Mixed-Reality di 2025 - Perusahaan Korea Samsung akan kembali memasuki dunia mixed reality…

2 weeks ago