Categories: Teknologi

Manfaat Penggunaan ChatGPT pada Manajemen SDM

Manfaat Penggunaan ChatGPT pada Manajemen SDM – Saat ini, chatbot sudah banyak digunakan. Salah satu jenis teknologi yang berbasis AI tersebut adalah ChatGPT.

Teknologi ini dirancang secara khusus untuk memberi solusi yang efektif untuk berbagai masalah dengan kemampuan kecerdasan buatan.

Dengan kemampuan tersebut membuat ChatGPT dijadikan tempat yang sangat tepat apabila digunakan oleh perusahaan atau bidang bisnis secara umum.

Selain itu, teknologi ini juga banyak digunakan dalam banyak industri, salah satunya yaitu untuk membantu proses manajemen SDM.

Pengertian

ChatGPT adalah model bahasa (language model) yang dikembangkan oleh OpenAI.

Teknologi canggih ini diciptakan untuk memahami dan menanggapi input bahasa alami, membuatnya menjadi solusi untuk kueri dan interaksi mengenai SDM.

Chatbot ini merupakan model bahasa yang memanfaatkan teknik pembelajaran untuk menghasilkan jawaban seperti manusia melalui perintah teks.

Model ini berdasar terhadap arsitektur GPT-3.5 yang membantu untuk memberikan jawaban yang akurat dan terkait secara kontekstual.

ChatGPT dapat digunakan dalam berbagai aplikasi, seperti chatbot, customer service, dan SDM sekalipun.

BACA JUGA : Rekomendasi Chatbot AI Selain ChatGPT

Manfaat Penggunaan ChatGPT pada Manajemen SDM

Recruitment

ChatGPT bisa digunakan untuk memudahkan proses rekrutmen dengan menjawab pertanyaan dari kandidat.

Hal ini bisa memudahkan para staf pengelola SDM (HRD) supaya berfokus terhadap tugas lain.

Kemudian memastikan bahwa kandidat mendapatkan informasi yang akurat dan sesuai.

Onboarding

ChatGPT juga bisa digunakan untuk memudahkan proses orientasi karyawan.

Chatbot ini bisa digunakan oleh karyawan baru untuk memperoleh informasi mengenai kebijakan, manfaat, serta prosedur kerja.

Hal ini bisa membuat karyawan baru merasa lebih nyaman dan memahami tugas mereka dengan utuh serta meringankan beban pekerjaan staf pengelola SDM.

Performance Management

Chatbot ini bisa dimanfaatkan untuk mengumpulkan feedback dari karyawan mengenai performa mereka.

Bahkan memberi rekomendasi yang dipersonalisasi untuk meningkatkan kinerja mereka.

Hal ini juga bisa membantu staf pengelola SDM untuk mengidentifikasi area.

Dimana karyawan memberikan dukungan tambahan dan membuat rencana peningkatan performa yang lebih efektif.

Employee Engagement

Ada juga manfaat penggunaan ChatGPT yaitu untuk melakukan interaksi dengan karyawan dan memberi dukungan yang bisa dipersonalisasi.

Compliance

Manfaat terakhir untuk manajemen SDM yaitu membantu memastikan karyawan patuh pada kebijakan perusahaan dan aturan hukum.

Bahkan, ChatGPT juga bisa digunakan untuk memberi informasi pada staf pengelola SDM mengenai potensi pelanggaran yang dilakukan.

iptek

Recent Posts

Teknologi Canggih di GIK UGM

Teknologi Canggih di GIK UGM - Inovasi teknologi kini hadir lebih dekat dengan masyarakat melalui…

1 day ago

Digital Fatigue: Dampak Penggunaan Teknologi

Digital Fatigue: Dampak Penggunaan Teknologi - Di era digital yang serba cepat ini, teknologi telah…

3 days ago

Metaverse VR Karya Mahasiswa UMM

Metaverse VR Karya Mahasiswa UMM - Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) sukses menghadirkan inovasi teknologi…

1 week ago

VR Stanford Kurangi Ketakutan Anak

VR Stanford Kurangi Ketakutan Anak Disuntik Saat Imunisasi - Bagi banyak anak, momen disuntik bisa…

1 week ago

Virtual Reality Dikembangkan Pupuk Kaltim

Virtual Reality Dikembangkan oleh Pupuk Kaltim untuk Tingkatkan Kompetensi Operator - PT Pupuk Kalimantan Timur…

2 weeks ago

Samsung Siapkan Mixed Reality

Samsung Siapkan Mixed-Reality di 2025 - Perusahaan Korea Samsung akan kembali memasuki dunia mixed reality…

2 weeks ago