Mengenal Kiosk dan Keuntungannya Bagi Perusahaan
Mengenal Kiosk dan Keuntungannya Bagi Perusahaan – Kiosk merupakan sebuah terminal komputer yang dibuat dengan untuk tujuan menyediakan informasi atau pelayanan yang ada dalam sebuah bisnis.
Beberapa lokasi besar di Indonesia sudah tersedia kiosk.
Seperti di stasiun kereta api, bank dan bandara, namun masih jarang ditemukan di tempat umum dan tempat yang lain.
Layanan menggunakan kiosk, tujuannya yaitu memudahkan pelayanan atau customer yang datang untuk melakukan kegiatan.
Seperti misalnya melakukan pengiriman uang selain di ATM, memudahkan untuk top-up dana virtual pada aplikasi melalui kiosk, dan lain-lain.
Untuk informasi selengkapnya simak selengkapnya dalam artikel ini!
Mengenal Kiosk dan Keuntungannya Bagi Perusahaan
1. Mengurangi Ketergantungan Konsumen pada Perusahaan
Saat konsumen Anda bisa menyelesaikan masalahnya sendiri tanpa harus antri panjang.
Itu artinya, konsumen tidak harus bertanya pada petugas, karena sudah ada panduan seperti video dalam kiosk tersebut.
Contohnya, saat nasabah bank mempunyai masalah untuk mengirimkan uang pada keluarganya.
Ia tidak perlu menunggu hari kerja bank, mereka cukup menggunakan layanan internet banking, sehingga uang bisa dikirim saat itu juga.
2. Kepuasan Meningkat, Keuntungan juga Semakin Meningkat
Ketika perusahaan berkembang dan mendukung secara total, hal tersebut bisa meningkatkan kualitas layanan pada konsumen.
Sehingga, otomatis tingkat kepuasan mereka juga akan semakin bertambah.
Contohnya, yaitu saat konsumen menjadi sering membeli produk Anda karena mengandalkan otomatis mesin, dan transaksi yang lebih cepat dan efisien.
Jadi, konsumen akan lebih sering membeli ditempat Anda dengan self service.
3. Meningkatkan Efisiensi Bisnis
Dilihat dari definisi kiosk, kiosk dipercaya bisa melancarkan secara efisien dan efektif pengalaman konsumen.
Itu artinya, dengan menggunakan kiosk mereka akan mendapat kepuasan dan pengalaman yang berbeda saat melakukan transaksi.
Sehingga, Anda tidak harus repot-repot, semua sistem transaksi sudah bisa berjalan dengan otomatis.
Jadi, itulah beberapa keuntungan menggunakan self service dengan kiosk.
Bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk mencoba otomatis dan mengurangi beban pekerjaan.
Penggunaan kiosk juga sangat mudah, karna telah dirancang memang untuk memberi pengalaman yang berbeda bagi konsumen.
Mereka akan lebih senang membeli atau transaksi otomatis disana dibandingkan harus face to face.
Kiosk di Indonesia
Banyak dari Anda yang akan menemukan beberapa restoran dan tempat sudah ada mesin self service. Dimana saja kiosk dapat ditemukan, simak yuk.
1. Restoran Cepat Saji
2. Bandara
3. Supermarket.
BACA JUGA : Jenis-jenis Kiosk dan Manfaatnya
Sejarahnya
Secara sejarah, kiosk ini hadir dalam bentuk stand kecil atau booth yang menjual berbagai kebutuhan sehari-hari.
Seiring dengan perkembangan teknologi, kiosk sering ditemui tanpa petugas khusus dan hanya ada layar sentuh dengan berbagai kustomisasi.
Bergantung dari tujuan adanya self service kiosk tersebut.
Kini, kebanyakan mesin ini bersifat self-service yang juga dinamakan sebagai e-kiosk.
Jenis-Jenisnya
Kiosk juga memiliki beberapa jenis yang dapat Anda coba.
Dimulai dari vending kiosk, kiosk untuk tiket, kiosk untuk menjual makanan, kiosk untuk kesehatan, hingga kiosk untuk servis keuangan. Simak selengkapnya!
Vending Kiosk
Seperti namanya, vending kiosk merupakan yang menjual berbagai produk, baik secara itu fisik atau digital.
Biasanya ini sering ditemui di minimarket atau toko retail, mesin ini melayani pembelian produk yang mereka jual.
Hal ini biasanya memberikan produk secara langsung setelah transaksi berhasil divalidasi.
Contohnya yaitu sebuah vending machine yang menjual berbagai jenis produk.
Ticket Kiosk
Mesin yang satu ini pastinya sering Anda temukan di bandara atau stasiun.
Biasanya digunakan untuk membeli tiket atau konfirmasi tiket yang telah dibeli, ada kiosk yang menerima uang, ada juga yang khusus untuk sistem digital saja.
Self check-in juga dapat dilakukan dalam kiosk tiket ini, untuk mencetak boarding pass. Contoh lain yaitu ketika memesan tiket nonton di bioskop secara online.
Anda bisa scan kode QR yang diberikan, atau mengetikkan kode pemesanan pada layar. Tiket akan otomatis dicetak ketika terkonfirmasi.
Food Service Kiosk
Saat ini, restoran cepat saji banyak yang menggunakan sistem kiosk untuk memudahkan penerimaan pesanan.
Konsumen tinggal datang ke kiosk yang biasanya dilengkapi oleh QR scanner atau mesin EDC.
Hal tersebut untuk mendorong masyarakat menggunakan sistem pemesanan secara mandiri, salah satunya untuk pembayaran.
Pesan melalui menu di layar sentuh, menyelesaikan pembayaran, maka pesanan akan langsung diterima oleh dapur.
Ketika nomor pesanan muncul, makanan bisa langsung diambil di tempat pickup.
Healthcare Kiosk
Dalam dunia kesehatan, penggunaan kiosk juga mulai banyak ditemukan.
Biasanya kiosk adalah untuk mencatat jadwal konsultasi dokter yang telah dibuat, atau mengambil nomor antrian untuk mendaftarkan diri.
Berikutnya, ada kiosk yang dapat digunakan untuk mengukur tinggi dan berat badan untuk pendataan di rumah sakit.
Saat ini, sudah ada kiosk yang terhubung dengan mesin pengukur tekanan darah dan pengukur detak jantung.
Layar yang ada juga dapat digunakan untuk memutar video informatif seputar kesehatan.
Financial Service Kiosk
Pernah membayar tagihan listrik atau BPJS di mesin kiosk? Nah, ini merupakan contoh dari kiosk untuk berbagai servis keuangan yang Anda butuhkan.
Dimulai dari bayar tagihan, beli token, hingga top-up untuk mobile gaming juga dapat dilakukan dalam kiosk.
Ingin menerapkan kiosk dalam bisnis? Anda bisa menggunakan jasa Kiosk yang ada saat ini, lho.
Leave a Reply