Metaverse Dalam Fashion – Saat ini, teknologi canggih semakin berkembang. Metaverse diprediksi menjadi versi pengembangan dari internet. Pada dunia virtual ini, anda dapat melakukan berbagai kegiatan seperti berbelanja, menonton konser dan bermain game dengan karakter avatar sendiri.
Dengan menggunakan metaverse, anda dapat merasakan pengalaman digital yang lebih mendalam dan terasa nyata.
Hadirnya fashion pada dunia digital sebenarnya bukan sebuah inovasi yang terbaru. Merek terkenal seperti Adidas juga telah ikut serta pada sebuah game online Second Live yang terkenal pada tahun 2007. Bahkan, pada tahun 2019 yang lalu, Louis Vuitton membuat skin khusus bagi para pemain game League of Legends.
Kegiatan online yang semakin meningkat karena adanya pandemi juga mempunyai pengaruh pada perkembangan konsep fashion dalam dunia metaverse. Karena adanya pandemi, fashion show pernah diselenggarakan secara online agar tetap terhubung dengan pelanggan.
Metaverse bisa memberi keuntungan perusahaan mode untuk meluaskan jangkauan pasar. Perusahaan mode juga bisa mendapatkan keuntungan dari sisi biaya yang dibutuhkan untuk membayar karyawan, membeli bahan mentah, biaya manufaktur hingga pengiriman. Keuntungan lain yaitu penghasilan dari setiap barang fashion digital dijual lagi yang tersedia pada smart contract lewat teknologi blockchain.
Kebebasan untuk berkreasi merupakan keuntungan bagi designer untuk membuat koleksi fashion dalam metaverse. Ide yang luar biasa yang tidak mungkin untuk dibuat dalam dunia nyata bisa dikembangkan dalam dunia metaverse. Perusahaan mode dapat melakukan evaluasi pada produk sesuai dengan keinginan pelanggan dengan merancangnya lebih dulu dalam dunia virtual.
Mungkin anda bertanya bagaimana pengguna metaverse dapat berbelanja pakaian secara virtual? Hal tersebut bisa dijawab dari banyaknya waktu yang dibutuhkan dalam dunia digital. Pengguna bisa menjadi lebih bebas untuk mengekspresikan dirinya. Karakter digital yang menjadi cerminan mereka bisa dibuat supaya terlihat menarik.
Pakaian digital yang digunakan juga dapat dijadikan simbol mengenai status sosial pengguna. Hal tersebut bisa menimbulkan ketertarikan pada fashion virtual. Produk fashion dalam metaverse juga dapat dijadikan peluang untuk berinvestasi. Ketika anda membeli aset digital berbentuk NFT, nilainya akan berkembang saat dijual lagi. Anda dapat menggunakan ini sebagai peluang investasi masa depan.
Teknologi Canggih di GIK UGM - Inovasi teknologi kini hadir lebih dekat dengan masyarakat melalui…
Digital Fatigue: Dampak Penggunaan Teknologi - Di era digital yang serba cepat ini, teknologi telah…
Metaverse VR Karya Mahasiswa UMM - Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) sukses menghadirkan inovasi teknologi…
VR Stanford Kurangi Ketakutan Anak Disuntik Saat Imunisasi - Bagi banyak anak, momen disuntik bisa…
Virtual Reality Dikembangkan oleh Pupuk Kaltim untuk Tingkatkan Kompetensi Operator - PT Pupuk Kalimantan Timur…
Samsung Siapkan Mixed-Reality di 2025 - Perusahaan Korea Samsung akan kembali memasuki dunia mixed reality…