Penggunaan Teknologi AI dalam Dunia Bisnis – Saat ini, teknologi kecerdasan buatan atau AI semakin banyak digunakan dalam berbagai bidang.
Cakupan kemampuannya juga luas, dimulai dari melakukan analisis kode yang rumit dan kemampuan untuk membuat karya seni, teknologi satu ini dianggap mempunyai banyak potensi.
Salah satu penerapan teknologi AI yang banyak digunakan saat ini adalah untuk bisnis.
Bagaimana cara bisnis untuk mendapatkan manfaat dari teknologi AI?
Dulu, teknologi digital biasanya sering digunakan sebagai media untuk bermain game atau untuk hiburan saja.
Akan tetapi, saat ini penerapan teknologi yang paling canggih juga telah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari manusia.
Bahkan, teknologi telah menjadi hal yang penting untuk operasional bisnis saat ini.
Menurut Tech Jury, 35% pada bisnis dimasa modern saat ini telah menggunakan AI dalam operasionalnya.
Selain itu, 42% perusahaan responden juga tengah mempertimbangkan penerapan kecerdasan buatan untuk operasional perusahaan di masa depan.
Keuntungan yang dapat diperoleh dari teknologi ini yaitu dimulai dari hal yang sederhana.
Salah satunya yaitu aplikasi untuk mengatur jadwal berbasis AI dapat membantu bisnis untuk mengelola sumber daya dan karyawan mereka.
Teknologi ini juga bisa mempercepat efisiensi dan efektivitas pekerjaan.
Tapi, teknologi ini mempunyai manfaat yang lebih dari itu. Bagaimana sebuah perusahaan bisa menggunakan teknologi ini untuk operasional bisnisnya?
Analisis prediktif merupakan cabang AI yang memanfaatkan data mining, machine learning, serta algoritme statistik.
Dimana hal tersebut adalah untuk menganalisis data saat ini dan data historis untuk membuat perkiraan mengenai peristiwa atau tren dimasa mendatang.
Ai bisa membantu untuk mengidentifikasi adanya penipuan, seperti pola dan transaksi pengeluaran yang tidak biasa.
Teknologi ini juga menganalisa jaringan pengguna untuk mengetahui adanya penipuan dan memblokir akses untuk mencegah hal ini lebih lanjut.
Natural language processing (NLP) merupakan cabang lain dari AI yang fokus terhadap pemahaman dan interpretasi bahasa manusia.
Algoritme NLP menganalisis data teks untuk mengekstrak makna, sentimen, dan tujuan dari data tersebut.
Adanya hal ini membantu bisnis untuk memahami feedback konsumen dengan lebih baik, melakukan otomatisasi terhadap komunikasi layanan konsumen, dan membuat konten yang telah dipersonalisasi.
Teknologi Canggih di GIK UGM - Inovasi teknologi kini hadir lebih dekat dengan masyarakat melalui…
Digital Fatigue: Dampak Penggunaan Teknologi - Di era digital yang serba cepat ini, teknologi telah…
Metaverse VR Karya Mahasiswa UMM - Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) sukses menghadirkan inovasi teknologi…
VR Stanford Kurangi Ketakutan Anak Disuntik Saat Imunisasi - Bagi banyak anak, momen disuntik bisa…
Virtual Reality Dikembangkan oleh Pupuk Kaltim untuk Tingkatkan Kompetensi Operator - PT Pupuk Kalimantan Timur…
Samsung Siapkan Mixed-Reality di 2025 - Perusahaan Korea Samsung akan kembali memasuki dunia mixed reality…