Categories: Teknologi

Peran Teknologi AI dalam Industri Media

Peran Teknologi AI dalam Industri Media – Teknologi AI mengalami perkembangan yang sangat pesat dalam beberapa tahun terakhir.

Kehadiran AI membawa banyak perubahan dalam berbagai kehidupan. Perubahan ini bisa dilihat pada beberapa segmen industri.

Seperti bisnis, pendidikan, industri media, hingga hiburan.

Contoh Penggunaan Kecerdasan Buatan

Industri media mungkin sedang dihebohkan dengan teknologi AI.

Bahkan, hal tersebut berusaha diterapkan dengan baik untuk mengatasi berbagai jenis tantangan yang ada di dalam industri ini.

Kini, AI banyak digunakan untuk mengerjakan pekerjaan yang berulang.

Bahkan menyederhanakan pembuatan teks, memfilter dan mendistribusikan berita, dan lain-lain.

Contoh pengadopsian AI dalam industri media:

Sebagai penyaring berita hoaks

Internet banyak dipenuhi oleh berita hoaks, sehingga semakin sulit bagi pelanggan untuk mengidentifikasi fakta dari sebuah berita.

Akan tetapi, kehadiran AI  bisa digunakan untuk memeriksa sumber dan fakta sebuah berita untuk mengidentifikasi berita palsu.

University of Michigan menjadi salah satu pionir yang mengembangkan teknologi ini untuk menemukan berita palsu dengan akurasi 76%.

Hal ini dilakukan dengan memasukkan situs website ke dalam algoritma cerdas.

Untuk memindai sumber dan memperkirakan versi cerita yang paling akurat dan terpercaya.

Digunakan untuk meningkatkan efisiensi

Kini, AI banyak digunakan sebagai media untuk meringankan tugas yang sifatnya repetitif dan membosankan dalam industri media.

Hal ini memungkinkan pekerja media bisa mengerjakan tugas lain sehingga lebih efisien.

Sama seperti, penggunaan AI untuk membuat subtitle dalam video dan siaran langsung secara langsung.

BACA JUGA : Dampak Teknologi AI pada Scriptwriting

Peran Teknologi AI dalam Industri Media

Membantu Proses Pemasaran

Teknologi AI bisa membantu para pelaku industri untuk tujuan pemasaran, seperti periklanan, desain, dan promosi film.

Contoh sederhananya yaitu pengembangan trailer film yang menarik perhatian penonton yang lebih efektif dengan menggunakan kecerdasan buatan.

Mempersonalisasi Pengalaman Pelanggan

Kini, pengalaman pelanggan yang dipersonalisasi merupakan salah satu faktor bisnis yang penting untuk dipertimbangkan.

Seperti halnya Netflix yang menggunakan AI dalam bentuk algoritma deep learning.

Untuk mengidentifikasi preferensi pengguna dan menunjukkan rekomendasi film yang sesuai.

Teknologi ini mempunyai kemampuan analitik tingkat lanjut yang berpengaruh langsung dalam strategi pemasaran bisnis.

Hal ini membantu untuk mengidentifikasi konten yang disukai oleh pelanggan untuk meningkatkan total penjualan.

Perusahaan bisa melakukan identifikasi strategi dan membuat rencana bisnis untuk meningkatkan penghasilan berdasarkan pengalaman pelanggan.

iptek

Recent Posts

Teknologi Canggih di GIK UGM

Teknologi Canggih di GIK UGM - Inovasi teknologi kini hadir lebih dekat dengan masyarakat melalui…

13 hours ago

Digital Fatigue: Dampak Penggunaan Teknologi

Digital Fatigue: Dampak Penggunaan Teknologi - Di era digital yang serba cepat ini, teknologi telah…

3 days ago

Metaverse VR Karya Mahasiswa UMM

Metaverse VR Karya Mahasiswa UMM - Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) sukses menghadirkan inovasi teknologi…

6 days ago

VR Stanford Kurangi Ketakutan Anak

VR Stanford Kurangi Ketakutan Anak Disuntik Saat Imunisasi - Bagi banyak anak, momen disuntik bisa…

1 week ago

Virtual Reality Dikembangkan Pupuk Kaltim

Virtual Reality Dikembangkan oleh Pupuk Kaltim untuk Tingkatkan Kompetensi Operator - PT Pupuk Kalimantan Timur…

2 weeks ago

Samsung Siapkan Mixed Reality

Samsung Siapkan Mixed-Reality di 2025 - Perusahaan Korea Samsung akan kembali memasuki dunia mixed reality…

2 weeks ago