Categories: Teknologi

Peran Teknologi AI dalam Industri Media

Peran Teknologi AI dalam Industri Media – Teknologi AI mengalami perkembangan yang sangat pesat dalam beberapa tahun terakhir.

Kehadiran AI membawa banyak perubahan dalam berbagai kehidupan. Perubahan ini bisa dilihat pada beberapa segmen industri.

Seperti bisnis, pendidikan, industri media, hingga hiburan.

Contoh Penggunaan Kecerdasan Buatan

Industri media mungkin sedang dihebohkan dengan teknologi AI.

Bahkan, hal tersebut berusaha diterapkan dengan baik untuk mengatasi berbagai jenis tantangan yang ada di dalam industri ini.

Kini, AI banyak digunakan untuk mengerjakan pekerjaan yang berulang.

Bahkan menyederhanakan pembuatan teks, memfilter dan mendistribusikan berita, dan lain-lain.

Contoh pengadopsian AI dalam industri media:

Sebagai penyaring berita hoaks

Internet banyak dipenuhi oleh berita hoaks, sehingga semakin sulit bagi pelanggan untuk mengidentifikasi fakta dari sebuah berita.

Akan tetapi, kehadiran AI  bisa digunakan untuk memeriksa sumber dan fakta sebuah berita untuk mengidentifikasi berita palsu.

University of Michigan menjadi salah satu pionir yang mengembangkan teknologi ini untuk menemukan berita palsu dengan akurasi 76%.

Hal ini dilakukan dengan memasukkan situs website ke dalam algoritma cerdas.

Untuk memindai sumber dan memperkirakan versi cerita yang paling akurat dan terpercaya.

Digunakan untuk meningkatkan efisiensi

Kini, AI banyak digunakan sebagai media untuk meringankan tugas yang sifatnya repetitif dan membosankan dalam industri media.

Hal ini memungkinkan pekerja media bisa mengerjakan tugas lain sehingga lebih efisien.

Sama seperti, penggunaan AI untuk membuat subtitle dalam video dan siaran langsung secara langsung.

BACA JUGA : Dampak Teknologi AI pada Scriptwriting

Peran Teknologi AI dalam Industri Media

Membantu Proses Pemasaran

Teknologi AI bisa membantu para pelaku industri untuk tujuan pemasaran, seperti periklanan, desain, dan promosi film.

Contoh sederhananya yaitu pengembangan trailer film yang menarik perhatian penonton yang lebih efektif dengan menggunakan kecerdasan buatan.

Mempersonalisasi Pengalaman Pelanggan

Kini, pengalaman pelanggan yang dipersonalisasi merupakan salah satu faktor bisnis yang penting untuk dipertimbangkan.

Seperti halnya Netflix yang menggunakan AI dalam bentuk algoritma deep learning.

Untuk mengidentifikasi preferensi pengguna dan menunjukkan rekomendasi film yang sesuai.

Teknologi ini mempunyai kemampuan analitik tingkat lanjut yang berpengaruh langsung dalam strategi pemasaran bisnis.

Hal ini membantu untuk mengidentifikasi konten yang disukai oleh pelanggan untuk meningkatkan total penjualan.

Perusahaan bisa melakukan identifikasi strategi dan membuat rencana bisnis untuk meningkatkan penghasilan berdasarkan pengalaman pelanggan.

iptek

Recent Posts

Vision Pro: Tren One-and-Done App Purchases

Vision Pro: Tren One-and-Done App Purchases - Apakah Anda ingat masa-masa ketika kita hanya perlu…

2 days ago

AI dan Pendekatan Kita Terhadapnya

AI dan Pendekatan Kita Terhadapnya - Ketika membicarakan kecerdasan buatan (AI), fokus utama kita sering…

4 days ago

Teknologi Meta dan Nvidia di Masa Depan

Teknologi Meta dan Nvidia di Masa Depan - Di tengah pesatnya perkembangan teknologi, peran kecerdasan…

1 week ago

AI: Alat Penghemat Waktu Abad 21

AI: Alat Penghemat Waktu Abad 21 - Di era digital saat ini, kecerdasan buatan (AI)…

2 weeks ago

Teknologi Kinect: Inovasi yang Imersif

Teknologi Kinect: Inovasi yang Imersif - Teknologi Kinect telah menjadi salah satu inovasi paling menonjol…

2 weeks ago

Buat Musik dengan AI Music Generator

Buat Musik dengan AI Music Generator - Teknologi selalu berkembang untuk berinovasi di berbagai industri,…

2 weeks ago