Persiapan Sebelum Menggunakan VR dan AR dalam Pembelajaran – Ada berbagai cara untuk menerapkan Augmented Reality dan Virtual Reality dalam kegiatan belajar mengajar.
Sebelum menerapkan teknologi ini, dibutuhkan persiapan yang matang untuk menerapkannya di kelas.
Banyak pengajar yang terlalu cepat memilih dan menggunakan alat tanpa waktu untuk memikirkan bagaimana cara menerapkannya dengan tepat.
Tanpa melakukan persiapan, tentu akan sulit untuk mendapat manfaat dari teknologi imersif ini bagi siswa.
Jangan menerapkan VR atau AR hanya karena tertarik dari sebuah demo atau pameran teknologi.
Anda harus memilih alat sesuai dengan konten bahan pembelajaran yang tidak mungkin dibawa ke dalam kelas tanpa menggunakan sebuah perangkat.
Karena saat ini teknologi imersif memberikan dampak yang besar.
Mungkin akan ada siswa yang merasa mual setelah menggunakan perangkat VR.
Apabila siswa adalah seorang gamer, maka Anda bisa mempertimbangkan untuk menggunakan tantangan yang lebih imersif.
Bahkan permainan kompetitif untuk memberikan kesenangan dalam pengalaman belajar mereka, seperti alat atau sumber edukasi yang lain.
Proses pemilihan perangkat harus meliputi penyelarasan gaya, kebutuhan, dan minat siswa untuk memastikan alat yang dipilih memiliki dampak yang besar.
Meski perangkat yang kini bisa diakses agak terbatas tapi dengan menggunakannya, hanya membutuhkan sedikit atau tanpa biaya tambahan.
Hal tersebut dapat menjadi langkah awal yang bagus.
Ketika menggunakan kecanggihan teknologi yang ada, perangkat lain yang bisa mendukung siswa untuk berkembang akan terlihat.
Setelah memperlihatkan upaya untuk mengoptimalkan perangkat yang tersedia.
Mungkin akan lebih mudah untuk menerapkan teknologi baru untuk proses belajar mengajar.
Salah satu cara yang efektif untuk menyiapkan pelajaran imersif yaitu dengan menggunakan sumber daya dengan sedikit atau tanpa kurva pembelajaran.
Beberapa materi imersif membutuhkan banyak persiapan untuk membantu siswa memahami cara melakukan interaksi dalam aplikasi.
Teknologi ini masih relatif baru dalam dunia pendidikan.
Jadi, harus diingat bahwa early adopters teknologi ini merupakan penguji beta dalam proses ini.
Meningkatkan kemungkinan bahwa tidak semua perangkat akan berfungsi sesuai keinginan, sehingga fleksibilitas merupakan kuncinya.
DisplayPort vs HDMI vs VGA - Dalam dunia teknologi, menghubungkan perangkat seperti laptop, komputer, atau…
Silent Hill 2: Kebangkitan Horor Klasik - Game Silent Hill 2 adalah salah satu game…
MetaHuman: Nike Ardilla di Konser Sync Fest - Teknologi MetaHuman kini semakin populer dan mendapatkan…
Snapdragon vs MediaTek: Prosesor Gaming - Ketika berbicara tentang prosesor seluler, dua pemain utama di…
AR Fitness: Teknologi Pelatihan Virtual - Augmented reality (AR) adalah teknologi yang menambahkan gambar dan…
Smart Glasses: Inovasi dari Apple - Apple sedang menyiapkan inovasi besar dengan rencana peluncuran smart…