Reels dan Stories – Instagram telah mengabarkan laporan mengenai tren gen Z dalam platformnya selama tahun 2022. Salah satu hal yang menarik perhatian gen Z dan ikut terlibat pada survei, yaitu adanya Reels. Survei dalam laporan yang dikabarkan telah dilakukan oleh perusahaan riset – Populix yang melibatkan 2.000 generasi Z di negara Indonesia. Gen Z menjadi responden pada kegiatan survei karena generasi ini mewakili 41 persen pengguna didunia dan dianggap sangat penting untuk industri digital.
“3,2 miliar yaitu sekitar 41 persen pengguna di dunia merupakan Generasi Z, mereka merupakan generasi yang penting untuk industri digital,” ujar Revie Sylviana, Direktur Kemitraan Kreator bagi Meta Indonesia dan Asia Tenggara. “Dalam Instagram, mereka mempunyai potensi untuk membuat tren dan melibatkan suatu hal yang sedang tren,” tegas Revie.
Fitur lain yang disukai gen Z dalam Instagram adalah Sticker Add Yours. Adanya stiker tersebut, penggunanya dapat melakukan tantangan, baik itu yang berbentuk gambar maupun video, lewat konten Instagram Stories atau Reels. Kemudian, para pengikut maupun pengguna Instagram yang lain akan melihat Instagram Stories dengan stiker tersebut bisa menggunakan gambar maupun video dan sesuai dengan tantangan yang ada.
Dari hasil riset Instagram, Dump Bulanan, Atau Saat Anda Mahasiswa beserta Foto Selfie maupun Screenshot dalam Galeri Foto merupakan sebuah Sticker Add Yours yang biasanya sering digunakan Generasi Z dalam Instagram, selama tahun 2022.
Tren lain yang diciptakan oleh generasi Z dalam Instagram adalah semakin banyaknya penggunaan Avatar. Berdasarkan riset, Thumb Up, Blowing Kiss serta Winky merupakan sebuah Avatar yang biasanya banyak dibagikan oleh pengguna generasi Z dalam Instagram. Prediksi tren Instagram tahun2023 bergantung terhadap hasil dari survei yang dilakukan, Instagram memperkirakan akan ada tiga tren yang tetap berkaitan di tahun 2023 mendatang.
Kuliner dan wisata diperkirakan masih akan ada ditahun 2023. Karena, penggunaaan hastag paling populer dalam Instagram berhubungan pada topik tersebut. Tren berikutnya yaitu Avatar, Augmented Reality, Virtual Reality dan juga NFT yang diperkirakan masih tetap berkaitan untuk tahun 2023. Karena, 65 persen generasi Z di Indonesia berdasarkan survei Populix mengungkap ingin menggunakan fitur realitas virtual (VR) dalam Instagram yang lebih banyak.
Teknologi Canggih di GIK UGM - Inovasi teknologi kini hadir lebih dekat dengan masyarakat melalui…
Digital Fatigue: Dampak Penggunaan Teknologi - Di era digital yang serba cepat ini, teknologi telah…
Metaverse VR Karya Mahasiswa UMM - Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) sukses menghadirkan inovasi teknologi…
VR Stanford Kurangi Ketakutan Anak Disuntik Saat Imunisasi - Bagi banyak anak, momen disuntik bisa…
Virtual Reality Dikembangkan oleh Pupuk Kaltim untuk Tingkatkan Kompetensi Operator - PT Pupuk Kalimantan Timur…
Samsung Siapkan Mixed-Reality di 2025 - Perusahaan Korea Samsung akan kembali memasuki dunia mixed reality…