Tahun 2030, Indonesia Membutuhkan 9 Juta Talenta Digital
Talenta Digital – Indonesia adalah salah satu negara yang perkembangan ekonomi digitalnya sangat pesat dalam Kawasan Asia Tenggara. Bahkan, ekonomi digital diindonesia diperkirakan sebesar 133 miliar dollar AS tahun 2025 mendatang. Menurut penelitian dari Bank Dunia dan McKinsey, dalam jangka waktu 2015 hingga 2030, Indonesia membutuhkan sekitar 9 juta talenta digital, atau 600.000 orang tiap tahunnya. Maka, perkembangan ekonomi digital yang semakin pesat perlu diseimbangkan dengan adanya talenta digital. Maka dari itu, Telkomsel menyelenggarakan kembali IndonesiaNEXT, program untuk pemuda diIndonesia meningkatkan kompetensi, keahlian, dan kapabilitas digital supaya bisa menjadi talenta digital yang lebih berkualitas dan memiliki daya saing secara global.
“IndonesiaNEXT merupakan bentuk komitmen Telkomsel untuk meningkatkan kompetensi, keahlian, dan kapabilitas pemuda diIndonesia agar menjadi talenta digital yang lebih berkualitas dan memiliki daya saing secara global,” kata Vice President Corporate Communications Telkomsel, Saki H. Bramono pada sebuah keterangan tertulis (Senin 5/11/2022).
Dalam tujuh tahun belakang ini, IndonesiaNEXT berfokus untuk mengembangkan digital skills untuk menunjang pendapatan sertifikasi kemampuan untuk mahasiswa. Sertifikasi tersebut seperti User Interface dan User Experience (UI/UX), Google Search Engine Optimization (SEO), Adobe Illustrator dan Photoshop, Microsoft PowerPoint dan Excel, atau sertifikasi nasional digital marketing dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). Berpalihnya pelaksanaan tahun ketujuh IndonesiaNEXT yang bertema ’We are the NEXT’ ditunjukan dengan penyelenggaraan Kick-Off IndonesiaNEXT Season 7 di Jakarta, (Jumat 2/12) sebelumnya. Dalam pelaksanaan IndonesiaNEXT Season 7, para peserta dari berbagai kawasan diIndonesia untuk mengikuti berbagai tahap secara online dengan cara belajar secara mandiri dan kreatif menggunakan cara blended learning (synchronous dan asynchronous). Beberapa proses program seperti National Webinar, Hard Skill, Area Bootcamp, National Bootcamp, dan Crowning Session.
Bahkan, ada juga sertifikasi nasional digital marketing dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP), yang bisa dijadikan modal untuk meningkatkan value dan menyiapkan persiapan pekerjaan dalam industri digital.
Telkomsel menentukan dari peserta 34 terbaik yang akan menjadi The Best Talents of IndonesiaNEXT Season 7. Dari berbagai proses dan juga proses pelatihan serta sertifikasi kemampuan di IndonesiaNEXT, jadi semua mahasiswa dari berbagai jurusan di Indonesia, dimulai dari studi Diploma sampai S2, memiliki peluang untuk menjadi talenta digital untuk masa depan diIndonesia.
Leave a Reply