Teknologi dan Manfaat Metaverse untuk Bisnis Digital
Teknologi dan Manfaat Metaverse untuk Bisnis Digital – Di era digital saat ini, banyaknya penggunaan metaverse dalam bisnis menjadi salah satu perbincangan yang ramai dikalangan masyarakat.
Dalam dunia virtual, dimana para pengguna bisa bekerja, berbelanja, belajar, dan melakukan interaksi dengan pengguna yang lain.
Berbagai kegiatan seperti yang dikatakan tadi bisa diwujudkan dengan adanya platform metaverse.
Dalam dunia virtual metaverse, layar komputer sudah menjadi portal untuk memasuki dunia virtual tiga dimensi.
Dimana, dalam dunia tersebut bisa dilihat seperti kehidupan nyata, akan tetapi lebih meluas.
Pengguna juga bisa membuat avatar yang bebas bergerak untuk melakukan berbagai kegiatan didalamnya.
Teknologi Pendukungnya
Virtual Reality (VR)
Teknologi virtual reality merupakan sebuah teknologi yang mempunyai kemampuan untuk menghadirkan simulasi seperti didunia nyata.
Didalamnya, para pengguna bisa melihat dan merasakan suasana tempat tersebut seperti dunia virtual yang belum pernah Anda kunjungi.
VR bisa menyimulasikan indra seperti pendengaran, penglihatan, dan juga penciuman.
Augmented Reality (AR)
AR adalah sebuah teknologi yang mendapatkan penggabungan secara langsung pada konten digital yang dibuat oleh komputer dengan dunia nyata.
Teknologi ini membantu pengguna untuk melihat objek dunia virtual 2D atau 3D yang ditampilkan dalam dunia nyata.
Mixed Reality (MR)
MR menghubungkan Virtual Reality dan Augmented Reality untuk menghadirkan pengalaman imersif yang menarik.
Hal ini merupakan perpaduan dari gambar virtual dan gambar holografik, pengguna juga bisa menggunakan kacamata khusus untuk melihatnya.
BACA JUGA : Manfaat Metaverse bagi Bisnis di Indonesia
Manfaat Metaverse untuk Bisnis Digital
Metaverse memberikan dampak untuk pebisnis, dimana perubahan tersebut meliputi proses produksi dan pemasaran dari sebuah produk.
Bisnis yang sangat terpengaruh dalam aspek produksi dan perkembangan teknologi ini yaitu bisnis kreatif dan seni.
Perubahan ini yaitu karena metaverse bisa mengubah media dan platform dari dengan menggunakan 2D menjadi 3D.
Selain itu, perubahan juga bisa dilihat dalam proses pemasaran. Dalam proses pemasaran, yang sangat terpengaruh yaitu mekanisme pemasaran.
Dengan adanya teknologi ini, proses transaksi bisa berubah dari penggunaan media gambar menjadi media 3D.
Dengan adanya hal ini, pembeli bisa memasuki ruang virtual, dimana para pelaku bisnis bisa menjual produk miliknya dalam bentuk avatar.
Dalam dunia virtual tersebut, para pelaku usaha bisa mengelola bentuk toko, media pendukung dari toko tersebut, dan juga aksesoris lain.
Leave a Reply