Categories: Virtual RealityVR

Virtual Reality Dikembangkan Pupuk Kaltim

Virtual Reality Dikembangkan oleh Pupuk Kaltim untuk Tingkatkan Kompetensi Operator – PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) baru-baru ini memperkenalkan inovasi berbasis Virtual Reality (VR).

Inovasi tersebut sebagai upaya meningkatkan kompetensi operator pabrik. Teknologi ini tidak hanya dirancang untuk meningkatkan keterampilan operator, tetapi juga sebagai langkah konkret menuju industri 4.0 yang lebih efisien dan modern.

Apa Itu Virtual Reality?

Virtual Reality atau disebut VR merupakan teknologi yang menciptakan simulasi lingkungan 3D seolah olah pengguna berada di dalam.

Dengan alat VR, pengguna bisa melihat, mendengar, dan merasakan interaksi dalam lingkungan virtual tersebut.

Teknologi VR umumnya digunakan dalam industri hiburan, pelatihan, pendidikan, dan simulasi, memberikan pengalaman imersif yang membantu pengguna berinteraksi secara langsung dengan objek atau lingkungan digital. 

Dengan kemampuan VR, perusahaan seperti Pupuk Kaltim dapat menciptakan simulasi pabrik yang realistis, membantu operator mengasah keterampilan dan kesiapan dalam berbagai kondisi operasional, termasuk skenario darurat.

Mengapa Virtual Reality Penting bagi Pupuk Kaltim?

Menurut Direktur Utama Pupuk Kaltim, Budi Wahju Soesilo, teknologi VR menjadi bagian dari transformasi digital dalam Smart Production. Berfokus pada peningkatan keandalan pabrik, produktivitas, dan efisiensi konsumsi energi serta bahan baku.

Dengan program ini, Pupuk Kaltim berharap operator pabrik dapat menjalani simulasi yang sangat mirip dengan kondisi nyata. Simulator VR ini diklaim memiliki akurasi hingga 90%, memungkinkan operator untuk mendapatkan pengalaman realistis dalam lingkungan virtual yang aman.

BACA JUGA : Samsung Siapkan Mixed Reality

House of Future: Pusat Pengembangan Kompetensi Operator

Program House of Future mempunyai  tingkatan Operator Development Plan (ODP),  ODP Basic, lalu intermediate, Advance, hingga ke Advance+. 

House of Future memberi kesempatan staf menghadapi kasus secara langsung, termasuk darurat. Setiap karyawan yang menyelesaikan tingkat kompetensi akan memperoleh lisensi internal sebagai bentuk penghargaan dan pengakuan atas pencapaian mereka.

Bagi karyawan baru, program ini menjadi dasar pengembangan keterampilan sesuai level masing-masing. Sementara bagi karyawan senior, VR berfungsi sebagai penyegaran pengetahuan dan peningkatan keterampilan. 

Soesilo menambahkan bahwa program ini dapat menekan biaya pelatihan karyawan hingga miliaran rupiah, karena kehadiran House of Future mampu mengurangi risiko kegagalan operasional dan meningkatkan efisiensi pelatihan.

Manfaat Ekonomis dan Operasional Virtual Reality

Teknologi VR tidak hanya menghemat biaya pelatihan, tetapi juga mengurangi risiko yang mungkin timbul dari pelatihan fisik di lapangan. Pupuk Kaltim menyatakan bahwa program ini berhasil menekan potensi kerugian dari kegagalan operasi, yang sebelumnya mungkin memerlukan investasi tinggi. 

Dengan efisiensi ini, perusahaan dapat mengalokasikan sumber daya untuk peningkatan lain, tanpa mengorbankan kualitas pelatihan karyawan.

Cita – Cita House of Future di Masa Depan Terutama Virtual Reality

House of Future mempunyai visi untuk menjadi suatu pelatihan VR terbaik di industri nasional. Soesilo menyebutkan bahwa fasilitas ini juga ingin menjadi tujuan tur industri.

Tur bagi para profesional di sektor pupuk nasional, memberikan wawasan tentang penerapan teknologi VR yang efisien dan akurat di lingkungan pabrik. Harapannya, House of Future dapat menjadi mercusuar bagi industri pupuk nasional dalam hal implementasi teknologi VR yang efektif.

Pionir di Industri Pupuk Nasional

Dengan adanya House of Future, Pupuk Kaltim optimis program ini bisa menjadi pionir dalam meningkatkan standar operasional industri pupuk nasional. 

Menurut Soesilo, program ini bukan hanya tentang teknologi, tetapi juga tentang mengembangkan sumber daya manusia yang berkualitas di sektor pupuk. 

Program pelatihan VR diharapkan dapat mendorong produktivitas industri pupuk sekaligus meningkatkan daya saing SDM di tingkat nasional.

Kesimpulan

Pupuk Kaltim melalui House of Future menunjukkan komitmennya dalam menghadirkan teknologi VR untuk pengembangan kompetensi karyawan dan efisiensi operasional.

Dengan inovasi ini, perusahaan tidak hanya bergerak menuju industri 4.0, tetapi juga berkontribusi pada peningkatan standar industri pupuk nasional. House of Future diharapkan menjadi pionir dan inspirasi bagi sektor lainnya untuk memanfaatkan teknologi VR sebagai solusi pelatihan yang efektif dan modern.

Wujudkan Pelatihan Modern dengan IPTEC Digital Solution!

Siap menghadirkan pengalaman pelatihan berbasis Virtual Reality (VR) yang lebih imersif dan efektif? IPTEC Digital Solution akan membantu ciptakan simulasi atau teknologi realistis dan interaktif.

Mendukung kompetensi karyawan di era digital. Dengan teknologi mutakhir, kami menghadirkan solusi yang tepat untuk mengembangkan SDM unggul di berbagai sektor industri. 

Hubungi kami sekarang dan mulailah perjalanan menuju pelatihan modern bersama IPTEC Digital Solution!

Konsultasi Sekarang Juga!

HUBUNGI KAMI
iptek

Recent Posts

Teknologi Canggih di GIK UGM

Teknologi Canggih di GIK UGM - Inovasi teknologi kini hadir lebih dekat dengan masyarakat melalui…

3 hours ago

Digital Fatigue: Dampak Penggunaan Teknologi

Digital Fatigue: Dampak Penggunaan Teknologi - Di era digital yang serba cepat ini, teknologi telah…

2 days ago

Metaverse VR Karya Mahasiswa UMM

Metaverse VR Karya Mahasiswa UMM - Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) sukses menghadirkan inovasi teknologi…

6 days ago

VR Stanford Kurangi Ketakutan Anak

VR Stanford Kurangi Ketakutan Anak Disuntik Saat Imunisasi - Bagi banyak anak, momen disuntik bisa…

1 week ago

Samsung Siapkan Mixed Reality

Samsung Siapkan Mixed-Reality di 2025 - Perusahaan Korea Samsung akan kembali memasuki dunia mixed reality…

2 weeks ago

Konser VR di Cinepolis dan TIX ID

Konser VR di Cinepolis dan TIX ID - Merasakan konser langsung dari idola favorit kini…

3 weeks ago