Categories: BusinessVR dan AR

VR dan AR untuk Meningkatkan Pengalaman Konsumen

VR dan AR untuk Meningkatkan Pengalaman Konsumen – Sebelumnya, persepsi teknologi imersif hanya sebatas cerita fiksi ilmiah.

Dalam beberapa tahun, teknologi imersif ini telah diterapkan dalam game saja.

Kini, banyak bisnis yang menerapkan teknologi Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR) untuk meningkatkan produktivitas mereka.

AR dan VR kini telah digunakan dalam berbagai hal.

Dimulai dari membuat prototipe dan desain, pemasaran, layanan konsumen, pelatihan, dan kegiatan produktivitas lain.

VR dan AR untuk Meningkatkan Pengalaman Konsumen

Pelanggan semakin bergantung kepada teknologi digital untuk membuat keputusan pembelian dan menyelesaikan proses pembelian.

Virtual Reality dan Augmented Reality merupakan teknologi yang dibutuhkan perusahaan untuk mendukung dan meningkatkan strategi pengalaman konsumennya.

Berikut ini merupakan beberapa alasan yang paling signifikan mengapa bisnis menerapkan teknologi AR dan VR saat ini.

Mengambil Keputusan

Konten imersif yang nyata dan interaktif sangat membantu konsumen yang ingin mencoba produk sebelum membelinya.

Dengan AR, Anda bisa memberi konsumen kesempatan untuk melakukan pembelian dengan informasi yang lebih detail.

BACA JUGA : Pentingnya Teknologi VR dan AR dalam Metaverse

Mengurangi Rasa Menyesal Konsumen

Kemampuan visualisasi Augmented Reality (AR) bisa membantu menghilangkan keraguan konsumen mengenai sebuah produk atau jasa.

Mereka akan merasa lebih percaya diri untuk melakukan pembelian dan lebih sedikit rasa penyesalan suatu hari.

Meningkatkan Customer Service

Teknologi imersif bisa memberi dukungan praktis selama proses pembelian dari konsumen.

Dimulai dari membuat instruksi produk yang mudah untuk diakses oleh konsumen, hingga memudahkan mereka untuk terhubung pada produk atau jasa.

Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR) dapat digunakan untuk meningkatkan pengalaman konsumen dengan lebih cepat dan efisien.

Imersif

Kombinasi teknologi Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR) untuk meningkatkan pengalaman pelanggan sepenuhnya memang imersif.

Pelanggan bisa membayangkan diri mereka sedang berada dalam proses pembelian produk.

Hubungan yang Lebih Kuat dengan Konsumen

Teknologi imersif membantu sebuah bisnis untuk menginformasikan dan membuat senang konsumen mereka.

Berbagai konten imersif bisa dibangun ke dalam pusat pengalaman pelanggan.

Hubungan ini membantu untuk meningkatkan pengalaman mereka dan membantu membangun loyalitas pada brand.

Kenyamanan

Salah satu hal terbaik dari teknologi AR yaitu bisa membantu konsumen untuk menavigasi toko terbesar dengan lebih cepat.

Selain itu, bisa juga menemukan produk yang dicari, kemudian langsung mengirimkannya pada mereka.

iptek

Recent Posts

Teknologi Canggih di GIK UGM

Teknologi Canggih di GIK UGM - Inovasi teknologi kini hadir lebih dekat dengan masyarakat melalui…

14 hours ago

Digital Fatigue: Dampak Penggunaan Teknologi

Digital Fatigue: Dampak Penggunaan Teknologi - Di era digital yang serba cepat ini, teknologi telah…

3 days ago

Metaverse VR Karya Mahasiswa UMM

Metaverse VR Karya Mahasiswa UMM - Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) sukses menghadirkan inovasi teknologi…

7 days ago

VR Stanford Kurangi Ketakutan Anak

VR Stanford Kurangi Ketakutan Anak Disuntik Saat Imunisasi - Bagi banyak anak, momen disuntik bisa…

1 week ago

Virtual Reality Dikembangkan Pupuk Kaltim

Virtual Reality Dikembangkan oleh Pupuk Kaltim untuk Tingkatkan Kompetensi Operator - PT Pupuk Kalimantan Timur…

2 weeks ago

Samsung Siapkan Mixed Reality

Samsung Siapkan Mixed-Reality di 2025 - Perusahaan Korea Samsung akan kembali memasuki dunia mixed reality…

2 weeks ago