Digital Signage

Apa Itu Digital Signage?

Digital Signage – Kini banyak informasi yang dapat kita sampaikan dengan mudah, karena zaman semakin modern dan canggih. Semuanya serba digital, kita bisa menyampaikan informasi yang kita inginkan melalui banyak cara dengan memanfaatkan teknologi yang ada. Salah satunya melalui signage yang merupakan benda elektronik yang berfungsi sebagai media periklanan, media penyampaian informasi, dan juga sebagai media hiburan.

Tujuan digital signage lebih kepada teknologi digital modern yang digunakan untuk papan informasi. Karena umumnya beberapa tahun yang lalu atau masa lalu, signage yang kita jumpai berupa printing atau percetakan seperti spanduk, baliho, atau spanduk. Jadi, sebenarnya mereka memiliki arti yang sama hanya teknologi yang digunakan yang berbeda.

Manfaat Digital Signage

Dengan digital signage Anda sebagai pebisnis dapat menjangkau masyarakat luas sehingga dapat berbagi info terbaru. Tentunya dengan menempatkan Digital Signage di lampu merah atau tempat lain yang memang banyak dilalui orang.

  • Informasi internal, jika dulu manfaat di luar, kini Digital Signage juga bisa digunakan di kantor, misalnya untuk menjaga tingkat kedisiplinan karyawan, akhirnya disetiap sudut ditempatkan informasi dari Digital Signage.
  • Informasi produk, dengan ini Anda dapat menghasilkan banyak keuntungan dengan memasang iklan di papan digital signage dengan menampilkan produk berupa video dan gambar.
  • Branding, tidak hanya untuk memasarkan produk saja. Digital signage juga bisa menampilkan informasi-informasi mengenai perusahaan Anda agar dapat dikenal lebih luas oleh masyarakat.
  • Navigasi, bagi Anda sebagai pengelola tempat hiburan, tempat wisata dan museum. Anda bisa mencoba cara penyampaian informasi dengan Digital Signage, pasti pengunjung akan lebih senang dan mendapatkan pengalaman yang berbeda.

Fitur dari digital signage

1. Scheduling content

Salah satu fitur umum yang bisa Anda dapatkan saat menggunakan digital signage adalah menjadwalkan konten. Anda dapat menjadwalkan kapan gambar atau video Anda muncul dan kapan tidak. Anda bahkan dapat mengatur mulai dari tanggal, tahun, bulan, bahkan hingga menit Anda dapat mengaturnya dengan mudah. Semua perangkat lunak signage digital dan CMS-nya harus memiliki fitur dasar ini.

2. Setting layout screen

Fitur kedua yang bisa Anda dapatkan jika menggunakan digital signage adalah pengaturan tata letak layar atau pengaturan tata letak layar. Karena yang menarik adalah Anda bisa menampilkan banyak konten sekaligus dalam satu layar. Nanti di bagian CMS, akan ada pengaturan untuk kustomisasi layout. Dengan fitur ini, Anda dapat membagi layout menjadi beberapa bagian sesuai kebutuhan sehingga Anda dapat menampilkan beberapa konten sekaligus dalam satu layar.

Baca Juga : Manfaat Mobile Apps untuk Sehari-hari

3. Membuat konten playlist

Mungkin banyak dari Anda yang belum mengetahui apa saja kelebihan menggunakan digital signage dari pada print signage. Jadi, selain kedua fitur di atas saat Anda menggunakan digital signage, Anda juga bisa membuat konten playlist. Playlist ini nantinya akan membantu Anda untuk mengkategorikan konten sesuai dengan kebutuhan Anda. Misalnya, Anda memiliki 3 titik penempatan digital signage di kantor Anda, yaitu di area lobi, lalu di ruang rapat, dan lift misalnya. Nantinya Anda bisa mengkategorikan konten di setiap area sehingga akan memudahkan pekerjaan Anda dalam mendistribusikan konten di digital signage Anda.

4. Sudah mendukung HTML5

Hampir semua perangkat lunak CMS sudah mendukung HTML5, Anda dapat menautkan url di situs web Anda untuk ditampilkan di layar Anda. Jika Anda memiliki konten yang bagus, maka Anda dapat menggunakannya untuk menginstalnya di signage digital Anda seperti misalnya Anda menginstalnya di videotron Anda.

Gratis Konsultasi

Hubungi kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *