Headset Quest Pro

Apa Itu Quest Pro? Headset Virtual Reality dari Meta

Headset Quest Pro – Sebuah raksasa perusaan besar Facebook, Meta baru- baru ini telah meluncurkan headset virtual reality yang terbaru. CEO Meta, Mark Zuckerberg meluncurkan headset meta dalam acara online bagi para developer. Headset VR itu dinamai dengan Meta Quest Pro.

Dari sisi harganya, Quest Pro mempunyai harga empat kali lipat yang lebih mahal daripada headset Meta lainnya, yaitu Quest 2. Dengan harganya yang cukup mahal, fitur apa sajakah yang ada dalam headset VR canggih tersebut?

1. Desain

Bedanya dengan headset VR yang lain, Meta Quest Pro tidak mempunyai facial interface. Anda masih bisa melihat lingkungan sekitar apabila anda menunduk kebawah. Facial interface adalah elemen dari headset VR untuk melindungi kulit wajah pengguna supaya nyaman digunakan. Umumnya, facial interface dibuat dari foam empuk jadi kulit tidak akan infeksi.

2. Kenyamanan dan Halo Strap

Sebagian dari headset VR memanfaatkan tali menggunakan desain seperti kacamata ski. Biasanya, bahan tali juga elastis. Tujuannya yaitu untuk menyalurkan berat kacamata ke pipi, dahi, serta hidung pengguna. 

Desain seperti kacamata ski begitu terkenal digunakan dalam headset VR. Headset yang menggunakannya diantaranya yaitu Oculus Go, Rift, serta Quest 2.

Baca Juga : Headset Apple VR akan ditenagai oleh prosesor M2

Meta Quest Pro dari segi lain mempunyai desain yang beda. Headset VR tersebut memanfaatkan desain halo strap. Desain tersebut digunakan pertama kali oleh Playstation VR dan juga digunakan oleh Sony dalam PSVR 2 sampai sekarang ini.

3. Lensa dan Display

Meningkatkan pandangan bukan sebuah peningkatan optik yang terdapat dalam headset VR tersebut. Quest Pro memanfaatkan lensa yang bentuknya pancake dan tajam pada bagian tengah dan luar. 

Lensa Quest Pro lebih tajam apabila dibandingkan dengan lensa fresnel yang dimanfaatkan dalam Quest 2. Anda bisa melihatnya secara jelas, tidak buram dengan menggunakan lensa tersebut. Tujuan dari Quest Pro juga tidak meningkat dengan signifikan. Layar pada headset VR tersebut akan terlihat sama seperti Quest 2.

4. Mixed Reality

Fitur paling utama yang unggul dari meta Quest Pro yaitu spesifikasinya yang telah mendukung mixed reality. Headset Quest pro ini tidak mempunyai facial interface yang secara jelas disusun bagi fitur ini. Dengan pinggiran yang terbuka, pengguna bisa melihat lingkungan sekitar dan juga bisa menggunakan mixed reality.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *