Apa itu Web Service? - Iptek Digital March 1, 2024
Apa Itu Web Service

Apa itu Web Service?

Apa Itu Web Service – Merupakan aplikasi terkait yang terdiri dari perangkat lunak (software) dan juga basis data (database). Aplikasi ini bisa untuk menukar data secara mudah pada berbagai sistem. Jadi, dapat dibilang bahwa fungsi web service yaitu sebagai jembatan.

Apa itu Web Service?

Web service merupakan aplikasi dari perkumpulan basis data (database) yang biasanya dikatakan sebagai bagian dari sebuah perangkat lunak yang mempunyai akses jarak jauh menggunakan perangkat maupun alat khusus. 

Web service merupakan sebuah aplikasi yang berfungsi untuk memperbaiki berbagai masalah yang terjadi pada penggunanya, seperti interoperability dan menghubungkan sistem yang berbeda. Web service merupakan sebuah aplikasi yang berbasis data dan mempunyai karakter berbentuk URL seperti website umumnya.

Fungsi dari Web Service

 1. Membuat Data Dapat Diakses Tanpa Adanya Batasan Ruang dan Waktu

fungsi web service yang sangat penting yaitu membuat data dapat diakses dimana saja dan kapan saja tanpa terbatas ruang dan waktu.

2. Dapat Diakses dari Berbagai Protokol

Fungsi web service yaitu dapat mengakses website dengan banyak protokol. Jadi akan semakin mudah untuk mengakses website . 

3. Dapat Terhubung Dengan Antar Format, Sistem, serta Bahasa

Dengan memanfaatkan web service, website bisa saling berkomunikasi walaupun dengan menggunakan format berbeda. Perbedaannya bisa saja dari format, sistem operasi, maupun bahasa pemrograman. 

Manfaat dari Web Service

1. Interoperabilitas 

Manfaat web service yaitu aplikasi ini menyediakan layanan seperti hubungan antar aplikasi agar bisa saling berkomunikasi serta saling berbagi data. Interoperabilitas artinya yaitu sebuah sistem yang mempunyai format berbeda, yang berfungsi untuk membuat komunikasi tanpa terbatas oleh akses. 

2. Memberi Standar Protokol

Manfaat web service lainnya yaitu memberi protokol standar. Hal tersebut karena web service menyediakan layanan pengiriman, pesan XML, deskripsi layanan, serta Service Discovery. Manfaat web service ini juga tentunya mempunyai keuntungan yaitu bisa mengurangi biaya karena persaingan serta meningkatkan kualitas sebuah bisnis. 

3. Hemat Karena Biaya Komunikasi Rendah

Web service mempunyai manfaat seperti rangkaian SOAP dalam protokolnya pada HTTP yang membuat biaya internet menjadi lebih murah. 

Baca Juga : Apa itu Query SQL? Dan Apa Fungsinya?

Web Service merupakan layanan untuk membantu kinerja sebuah website. Hal tersebut dapat menjadi solusi ketika ada masalah saat akan mengakses sebuah website ketika jumlah para pengguna terus meningkat. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *