AR dan VR yang Mampu Mengubah Pengalaman Anda

Iptek Digital – Teknologi AR dan VR sebagian besar dipercepat oleh pandemi masa lalu dengan setidaknya 93,3 juta dan 58,9 juta pengguna masing-masing, menurut sebuah studi yang dilakukan oleh eMarketer. Ini tidak mengejutkan karena teknologi imersif ini telah mengurangi gangguan besar dalam kehidupan manusia.

Teknologi yang dipercepat di tingkat individu dan bisnis diwakili dalam aktivitas sehari-hari. Misalnya, karena pekerjaan jarak jauh menjadi bagian penting dari banyak model bisnis, AR/VR memungkinkan transisi yang mulus dari pelatihan di tempat ke visualisasi yang jelas dari petunjuk langkah demi langkah untuk banyak pekerja di berbagai industri dan lokasi.

Dari interaksi sosial dalam video game realitas virtual hingga pengalaman belanja online yang disempurnakan dan dipersonalisasi, AR dan VR dalam banyak hal telah menjadi penyelamat bagi banyak perusahaan untuk membangun ketahanan untuk masa depan dan meningkatkan keterlibatan pelanggan. Namun, bagaimana tepatnya industri bernilai miliaran dolar ini memengaruhi cara sebuah merek berinteraksi dengan pelanggannya? Mari kita lihat berbagai skenario yang menampilkan solusi bernilai tinggi yang ditawarkan teknologi ini.

Meningkatkan Brand Awareness

Teknologi telah sangat memengaruhi cara konsumen meneliti, berinteraksi, dan akhirnya memutuskan untuk membeli produk atau layanan dari bisnis. Dengan lebih banyak informasi yang tersedia di telapak tangan mereka, calon pelanggan lebih menuntut dalam hal keaslian merek, dengan 88% konsumen menyatakan bahwa keaslian menentukan hubungan masa depan antara mereka dan merek yang kemungkinan besar akan mereka dukung. Ini berarti bahwa bisnis perlu menemukan cara inovatif untuk membantu konsumen menyadari proposisi nilai mereka dan pada akhirnya membangun hubungan pelanggan yang kuat. AR/VR membantu perusahaan memperluas jangkauan mereka dan mendapatkan pesan yang berharga dan terkadang mendefinisikan pesan.

The ’Try-on’ Experience Dengan AR dan VR

Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh Alert Technologies, merek dapat mengubah 67% konsumen menjadi pembeli ketika mereka telah mencapai ruang percobaan atau ruang untuk mempertimbangkan produk atau layanan yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Pada tahap ini, konsumen mulai mempertimbangkan pilihan mereka sebelum membuat keputusan.

Brand dapat memanfaatkan teknologi virtual untuk membantu menghilangkan ketidakpastian dan keraguan dengan cara yang menarik, memungkinkan pendekatan yang dipersonalisasi untuk memvisualisasikan potensi kecocokan. Salah satu contohnya adalah Supra Boats dengan aplikasi AR dan konfigurator web mereka, yang memungkinkan calon pembeli mempelajari fitur-fitur kapal dengan kecepatan mereka sendiri melalui tur langkah demi langkah di lingkungan yang bebas stres. Di sini, mereka juga dapat bermain dengan berbagai warna dan aplikasi tambahan untuk menyesuaikan perahu potensial mereka dan akhirnya memesannya langsung dari aplikasi.

Baca juga : https://iptek.co.id/nasa-membangun-simulator-vr-mars/

Keberhasilan di balik pengalaman “coba-coba” terletak pada kemudahan penggunaan dan kenyamanan yang ditawarkan kepada calon pembeli yang secara pribadi dapat mencoba barang-barang untuk diri mereka sendiri atau untuk ruang pribadi mereka di rumah mereka. Dan bisnis dapat memanfaatkan wawasan konsumen yang berharga seperti ukuran dan preferensi default, memungkinkan mereka untuk memahami pelanggan mereka dengan lebih baik dan memberikan keputusan strategis yang lebih akurat dan terinformasi di masa depan.

Membuat Pembelian Menjadi Sederhana

Banyak brand besar memiliki teknologi AR bawaan di aplikasi mereka untuk membantu mempermudah proses ini bagi konsumen mereka, sehingga mendorong penjualan. Kembali ke Supra Boats, aplikasi menggunakan kamera ponsel untuk memindai area dan kemudian melapisinya dengan perahu yang dipilih pengguna dengan semua fitur yang dapat disesuaikan, memastikan bahwa itu sesuai dengan harapan pengguna.

Namun, aplikasi ini lebih dari sekadar menampilkan perahu yang dapat disesuaikan di ruang tamu atau halaman belakang Anda, tetapi juga memungkinkan pengguna melakukan tur produk virtual untuk membantu memahami penggunaan dan memaksimalkan setiap fitur yang ditambahkan. Hal ini terkenal meningkatkan nilai merek bagi pelanggan sehingga mereka merasa bebas untuk melakukan pembelian tanpa ragu-ragu.

Gratis Konsultasi

Hubungi kami
salsabila ds

Recent Posts

Teknologi Canggih di GIK UGM

Teknologi Canggih di GIK UGM - Inovasi teknologi kini hadir lebih dekat dengan masyarakat melalui…

17 hours ago

Digital Fatigue: Dampak Penggunaan Teknologi

Digital Fatigue: Dampak Penggunaan Teknologi - Di era digital yang serba cepat ini, teknologi telah…

3 days ago

Metaverse VR Karya Mahasiswa UMM

Metaverse VR Karya Mahasiswa UMM - Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) sukses menghadirkan inovasi teknologi…

7 days ago

VR Stanford Kurangi Ketakutan Anak

VR Stanford Kurangi Ketakutan Anak Disuntik Saat Imunisasi - Bagi banyak anak, momen disuntik bisa…

1 week ago

Virtual Reality Dikembangkan Pupuk Kaltim

Virtual Reality Dikembangkan oleh Pupuk Kaltim untuk Tingkatkan Kompetensi Operator - PT Pupuk Kalimantan Timur…

2 weeks ago

Samsung Siapkan Mixed Reality

Samsung Siapkan Mixed-Reality di 2025 - Perusahaan Korea Samsung akan kembali memasuki dunia mixed reality…

2 weeks ago