Bagaimana Metaverse Mengubah Industri E-Commerce? – Metaverse diprediksi akan berkembang secara signifikan pada beberapa tahun ke depan.
Semakin berkembangnya teknologi ini, dampak yang diberikan metaverse juga terlihat begitu besar dan mempengaruhi berbagai industri, salah satunya dalam bisnis.
Perkembangan teknologi ini mempengaruhi industri bisnis dengan banyaknya layanan baru yang menghubungkan pembelian offline dan online.
Selain itu, ditambah dengan adanya teknologi AR yang semakin masif, pelanggan bisa menilai kualitas sebuah produk sebelum melakukan pembelian.
Hal tersebut membuat pelanggan bukan hanya mendapatkan kenyamanan, tapi juga kepercayaan untuk mengambil keputusan pembelian mereka.
Teknologi AR dalam metaverse ini bisa memudahkan proses pembelian yang sangat menguntungkan, baik itu untuk pembeli atau penjual.
Sebelumnya, proses personalisasi dalam website E-commerce berhenti pada rekomendasi dan penawaran.
Sedangkan, metaverse menyediakan pengalaman personalisasi yang sangat menarik untuk pelanggan dengan kemampuan mereka untuk menawarkan pengalaman yang lebih imersif.
Wajar bagi pengguna untuk melakukan pembelian produk yang bisa diuji dalam gambar 3D.
Dengan adanya teknologi canggih dalam metaverse, pelanggan bisa membuat keputusan yang tepat.
Hal tersebut tentu saja bisa meningkatkan penjualan dan menghasilkan keuntungan yang lebih tinggi bagi penjual.
Melalui metaverse, penjual bisa membangun hubungan simbiosis dengan pelanggan dan fanbase mereka.
Selain itu, penjual juga bisa mempunyai acara perilisan produk yang bersifat eksklusif dalam dunia metaverse yang hanya bisa diakses oleh pelanggan eksklusif.
Dengan menerapkan metaverse, penjual bisa membuat konten yang menarik dan interaktif dengan koleksi produk virtual.
Penjual bisa mengetahui berapa banyak produk yang perlu diproduksi berdasarkan umpan balik (feedback) pelanggan dalam dunia virtual metaverse.
Penjual juga bisa mengetahui gambaran produk mereka tanpa harus membuatnya terlebih dahulu.
Teknologi metaverse ini juga bisa meningkatkan pengalaman belanja pelanggan.
Hal tersebut dibentuk dari kenyamanan dan banyaknya fitur yang bisa memudahkan proses berbelanja pelanggan dalam dunia virtual.
Produk kosmetik, pakaian, dan sepatu biasanya mempunyai tingkat retur yang relatif tinggi untuk pembelian secara online.
Dengan adanya website E-commerce dalam metaverse, calon pelanggan bisa menjajalnya terlebih dahulu atau melihat gambaran produk sehingga mereka bisa mencoba produk sebelum membelinya.
Teknologi Canggih di GIK UGM - Inovasi teknologi kini hadir lebih dekat dengan masyarakat melalui…
Digital Fatigue: Dampak Penggunaan Teknologi - Di era digital yang serba cepat ini, teknologi telah…
Metaverse VR Karya Mahasiswa UMM - Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) sukses menghadirkan inovasi teknologi…
VR Stanford Kurangi Ketakutan Anak Disuntik Saat Imunisasi - Bagi banyak anak, momen disuntik bisa…
Virtual Reality Dikembangkan oleh Pupuk Kaltim untuk Tingkatkan Kompetensi Operator - PT Pupuk Kalimantan Timur…
Samsung Siapkan Mixed-Reality di 2025 - Perusahaan Korea Samsung akan kembali memasuki dunia mixed reality…