Faktor Keberhasilan SIMRS

Faktor Keberhasilan Penggunaan SIMRS di Rumah Sakit

Faktor Keberhasilan SIMRS – Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit atau SIMRS, sekarang ini telah menjadi sebuah keharusan untuk diterapkan di rumah sakit. SIMRS bisa mempermudah pekerja medis untuk memperoleh informasi yang tepat serta akurat, karena SIMRS merupakan sistem teknologi informasi yang bisa melakukan proses dan menghubungkan berbagai tahap dalam pelayanan rumah sakit yang berbentuk sebuah jaringan untuk mengkoordinasi, pencatatan, dan juga prosedur administrasi.

Tapi kenyataannya dalam lapangan, penerapan SIMRS ini belum tentu akan maksimal dan mendapatkan manfaat sesuai dengan harapan. Supaya rumah sakit bisa mendapatkan manfaat secara maksimal dari SIMRS, ada beberapa faktor keberhasilan penggunaannya.

Seperti SMIRS yang umum, anda dapat melihat keberhasilan penerapan SIMRS dari beberapa faktor yaitu:

1. Sumber Daya Manusia

Penerapan SIMRS dapat terhambat oleh faktor sumber daya manusia. Contohnya, SIMRS rumah sakit, dalam studi dilihat tenaga rumah sakit mungkin ada yang tidak tepat saat mencatat dan menginput data ke dalam SIMRS. Dengan hal tersebut tentu akan berpengaruh terhadap keluaran SIMRS yang secara keseluruhan. Ada juga kekurangan SDM yang sesuai jadi sistem informasi tidak bisa berperasi dengan efektif.

2. Organisasi

Faktor organisasi rumah sakit juga sangat penting untuk keberhasilan penggunaan SIMRS. Justru, aspek organisasi yang efektif, seperti melakukan pemeriksaan dan pemantauan dari manajemen rumah sakit saat menerapkan SIMRS, bisa membantu kesuksesannya.

3. Teknologi

Karena sistem teknologi informasi, faktor teknologi tentu saja sangat penting untuk melihat kesuksesan penggunaan SIMRS. Mungkin dalam sebuah studi, faktor teknologi ini biasanya sering tampil.

Dari factor teknologi, kesuksesan penggunaan SIMRS biasanya mencakup beberapa hal seperti kualitas dari sistem, informasi, serta layanan. Untuk memperoleh hasil yang optimal tentu saja harus didukung dengan menggunakan perangkat keras yang baik, salah satunya spesifikasi server yang baik dan  jaringan internet yang memadai.

Keunggulan sistem yang diterapkan tentu saja bisa mempengaruhi kepuasan dari pengguna SIMRS. Supaya penggunaan SIMRS bisa beroperasi dengan baik,  rumah sakit perlu menangani secara langsung faktor SDM dan juga organisasi. Contohnya, rumah sakit perlu memastikan seluruh tenaga medis bersiap untuk menggunakan SIMRS, baik dari perekrutan maupun pelatihan, dan juga petugasnya harus mendukung.

Terutama dalam faktor teknologi, keberhasilan SIMRS bisa didukung dengan menggunakan solusi yang tepat dan memfasilitasi kebutuhan dirumah sakit.

Baca Juga : Apa Itu SIMRS ? Yukk Simak!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *