Hasil Riset: Banyak Gen Z yang Bekerja Sampingan Kreator
Banyak Gen Z

Hasil Riset: Banyak Gen Z yang Bekerja Sampingan Sebagai Kreator Konten tahun 2023

Banyak Gen Z – Instagram telah memiliki penilaian yang khusus pada generasi Z atau gen Z. Menurut hasil riset dari Instagram, untuk tahun 2023 mendatang, gen Z yaitu orang yang lahir dari tahun 1995 hingga 2012, mungkin akan banyak gen Z yang bekerja sampingan (freelance) menjadi kreator konten. Hal tersebut dikarenakan perkembangan media sosial yang menjadikan manusia untuk semakin terbiasa tampil di kamera.


Survei tersebut telah melibatkan hingga 1.200 pengguna social media yang berusia 16 hingga 24 tahun menjadi responden. Pada survei yang dilakukan tersebut, para responden akan diminta pendapat mengenai berbagai topik seperti soal harapan finansial. Berdasarkan hasil survei dikatakan bahwa para generasi Z mengharapkan bisa mendapat penghasilan tambahan menjadi kreator. “Hampir 2/3 Generasi Z berencana akan menggunkan sosial media untuk meningkatkan pendapatan ditahun 2023.

Kreator konten tidak hanya untuk full time bahkan 64 persen para pengguna sosial media Generasi Z berencana akan memonetisasi proyek ditahun ini,” Keterangan instagram dilansir dari KompasTekno menurut laporan Trend Report 2023, (Selasa 13/12/2022).

Hasil tersebut terbalik dengan survei yang sama dan dilakukan ditahun sebelumnya. Hasil survei ditahun sebelumnya memperlihatkan bahwa 87 persen generasi Z telah setuju pada pernyataan “terlalu banyak pengguna yang harus melakukan berbagai pekerjaan untuk mencukupi kebutuhan”. Sekitar 71 persen responden juga mengatakan pengguna lebih senang pada pekerjaan yang jelas meski pendapatannya tidak banyak. Pernyataan tersebut berubah dalam survei tahun ini karena generasi Z berencana akan memonetisasi sosial media meski menjadi freelance .

Instagram menjadi alternatif aplikasi untuk mencari jodoh

Biasanya, orang lebih senang jika bertemu langsung, tapi berdasarkan hasil survei dari Instagram menampilkan bahwa generasi Z justru merasa nyaman berkomunikasi secara virtual dalam media sosial, seperti Direct Message (DM) pada Instagram.

“Dalam Instagram, DM dan percakapan membuat interaksi dengan teman bahkan bisa menimbulkan ketertarikan,” ucap Instagram pada laporannya. Pada tahun 2023, responden yang kebanyakan dari generasi Z tersebut mengatakan akan menggunakan platform media social Instagram untuk menjalin hubungan. Karena, DM dalam platform Instagram menyediakan interaksi yang lebih jujur, transaparan, dan langsung tanpa harus swipe kanan maupun kiri seperti dalam aplikasi dating yaitu pencari jodoh.

Baca Juga : Inilah Alasan Mengapa Bisnis Harus Menggunakan Instagram Stories Filter


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *