Alasan Mark PHK Karyawan

Inilah Alasan Mark Zuckerberg PHK 11.000 Karyawan Meta

Alasan Mark PHK Karyawan – Meta memberi kabar yang mengejutkan. Meta telah memberitahukan pengumuman pemutusan hubungan kerja (PHK) 11.000 karyawan dari berbagai negara. PHK sudah dimulai semenjak (Rabu 9/11).

CEO Meta Mark Zuckerberg meminta maaf pada semua karyawan yang terkena dampak. Iaa menyatakan, PHK tersebut adalah keputusan berat yang harus dilakukan perusahaan

Mark mengatakan secara detail tentang perusahaan mem-PHK karyawannya. Dikutip dari Gadgets Now, inilah alasan melakukan PHK pada lebih dari 11.000 karyawan Meta:

1. Investasi E-commerce

Menurut Zuckerberg, perubahan menuju digital serta meningkatnya e-commerce disaat masa pandemi Covid-19 sudah meningkatkan penghasilan perusahaan teknologi dengan jumlah yang besar. Pihaknya beranggapan bahwa kondisi tersebut sifatnya akan permanen jadi menanam investasi yang besar.

2. Menurunnya Ekonomi

Keadaan ekonomi menurun secara global berpengaruh terhadap pendapatan Meta tidak memperlihatkan gambaran yang sehat. Perkiraan bagi kuartal selanjutnya juga tidak cukup optimis, yang akhirnya memaksa perusahaan untuk melakukan PHK.

Baca Juga : Induk Facebook PHK 11.000 Karyawan, Mark Zuckerberg Minta Maaf
3. TikTok dan Apple

Zuckerberg berkata, berkurangnya penghasilan Meta juga dikarenakan adanya pesaing seperti TikTok, dan kebijakan Apple yang mengganggu iklan. Sebelum itu, Meta mengatakan mengalami kerugian senilai USD10 miliar (+- Rp155 triliun) semenjak Apple menghadirkan Transparansi Pelacakan Aplikasi.

4. Bertambahnya Pengeluaran

Penghasilan kuartal Meta yang terakhir, pengeluaran biaya perusahaan meningkat senilai 19 persen per tahun. Dalam kuartal ketiga, pengeluaran Meta sekitar USD22,1 miliar (+- Rp342 triliun).

5. Menurunnya Penghasilan

Saat kuartal ketiga, Meta mengatakan bahwa seluruh penjualan menurun 4 persen. Sementara penghasilannya telah menurun 46 persen menjadi USD5,66 miliar (+- Rp 87 triliun).

6. Efisiensi modal

Pada postingannya, Zuckerberg berkata, Meta mengambil keputusan untuk menghemat modal. Banyak sumber daya perusahaan nantinya diletakan dalam area utama dengan peningkatan tinggi.

7. Perkiraan kerugian Reality Labs

Bagian dalam Reality Labs yang bertugas untuk program metaverse pada Meta sudah menghabiskan biaya dengan jumlah yang fantastis.

“Kami memperkirakan kerugian Reality Labs di 2023 akan meningkat dari tahun ke tahun,” ucap Mark Zuckerberg pada laporan penghasilan di bulan lalu.

8. Metaverse belum beruntung

Dikabarkan bahwa Reality Labs mengalami kerugian hampir USD9,4 miliar (+- Rp145 miliar) di 2022. “Kami memimpin dalam melakukan pengembangan teknologi untuk menghadirkan masa depan hubungan sosial dan platform selanjutnya,” ucap ia pada postingan yang mengumumkan karyawan mengenai PHK.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *