Teknologi Digital

Inilah Pengertian Teknologi Digital Dan Kelebihannya

Teknologi Digital – Apa yang dipikirkan saat mendengar kata “Teknologi Digital”? Apa pengertian teknologi digital? Dan apa saja kelebihannya?

Semakin berkembangnya teknologi, saat ini teknologi tidak menggunakan lagi tenaga manusia. Tetapi saat ini sudah banyak penggunaan teknologi untuk membantu memudahkan pekerjaan manusia.

Pengertian Teknologi Digital

Teknologi digital adalah sebuah alat yang saat ini tidak lagi menggunakan tenaga manusia secara manual, tapi lebih pada menggunakan sistem operasi otomatis dengan sistem komputerisasi atau format yang bisa di baca oleh komputer.

Jadi, teknologi digital pada dasarnya hanyalah sebuah sistem penghitung sangat cepat yang bisa memproses segala bentuk informasi sebagai nilai-nilai numerik (kode digital). Sementara itu, teknologi komunikasi digital merupakan teknologi yang berbasis sinyal elektrik komputer, sinyalnya bersifat putus-putus dan memakai sistem bilangan biner. Bilangan biner akan membentuk kode digital (1 dan 0 berdasar pada adanya arus listrik atau tidak yang transistor nya teratur).

Kode digital itu nantinya akan di kelola di komputer. Contoh gambar kamera video yang sudah berubah dari gelombang cahaya jadi bentuk digital dalam bentuk pixel.

Kelebihan Teknologi Digital

Semua jenis teknologi mempunyai kelebihannya masing-masing, berikut ini ada beberapa kelebihan teknologi digital yang harus diketahui:

  1. Data yang terkirim dari satu tempat ke tempat yang lain tidak terpengaruh oleh cuaca buruk dan noise karena data yang telah terkirim sudah dalam bentuk sinyal digital.
  2. Beragam tipe sistem komunikasi sudah tersedia dan bisa digunakan.
  3. Biaya perawatan yang lebih rendah karena lebih praktis dan sangat stabil.

Teknologi digital sudah banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari, dimana keadaannya berperan sangat penting sebagai media dan sebagai alat bantu aktivitas di semua bidang contohnya dalam bidang penelitian, pendidikan, bisnis, sosial, dan yang lainnya. Ada juga beberapa aplikasi yang banyak digunakan dan tidak asing lagi di kehidupan sehari-hari yaitu telepon seluler, CD untuk menyimpan data, komputer, dan lain lainnya.

Baca Juga : Teknologi Digital adalah Alat dengan Sistem Komputerisasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *