Apa itu sistem ERP

Kegunaan Sistem ERP Terhadap Bisnis

Apa itu sistem ERP– Singkatnya, Software Enterprise Resource Planning atau disebut sistem ERP merupakan sebuah perangkat lunak yang berguna untuk mengelola serta membantu berbagai proses kegiatandalam menjalankan bisnis. Penggunaan Sistem ERP pada perusahaan bisa menjadi salah satu usaha utuh yang bisa menghabiskan waktu sampai bertahun-tahun.

Definisi ERP: Software Enterprise Resource Planning

Definisi Sistem ERP merupakan perangkat sistem dan software enterprise resource planning yang dimanfaatkan sebuah perusahaan untuk melakukan proses kegiatan bisnis mereka. Sistem ERP merupakan aplikasi yang bisa membantu bisnis dengan informasi secara langsung serta akurat, jadi Anda bisa mengambil keputusan bisnis dengan tepat sesuai data yang diperoleh.

Manfaat ERP untuk Bisnis Anda

1. Memaksimalkan Efisiensi

Aplikasi ERP merupakan aplikasi yang berguna membantu bermacam-macam proses kegiatan yang menghabiskan banyak waktu bahkan energi. Berbagai pekerjaan sulit semuanya dijalankan secara otomatis dengan erp yang sudah tersedia.

Sistem ERP merupakan penyediaan akses data yang lengkap dan manajer untuk berbagai kepentingan dalam perusahaan. Decision maker bisa mengamati penunjuk kinerja utama dalam sebuah perusahaan hanya lewat dasbor. Semua data yang diperlukan bisa di dapatkan secara langsung

2. Mengurangi Biaya Operasional

Penggunaan aplikasi ERP dalam perusahaan juga membantu untuk mengurangi biaya operasional. Karena kebanyakan dalam kegiatan operasional otomatis, jadi berbagai hambatan, gangguan, serta kerusakan bisa diantisipasi dengan tepat.

Baca Juga : Implementasi Sistem ERP Pada Perusahaan Manufaktur

Semua pekerjaan sulit bisa diselesaikan dengan cepat dan tentunya bisa mengurangi lead time. Perusahaan juga bisa mengurangi biaya untuk pegawai berkerja, karena manfaatkan ERP bisa membantu menyelesaikan bermacam-macam pekerjaan manual.

3. Menjaga Keamanan Data

Sistem ERP merupakan software yang mempunyai firewall dan mengendalikan keamanan untuk menghindari pelanggaran data. Semua data yang tersimpan pada sistem pusat sampai titik akses bisa dipantau dengan ketat dan menjaga keamanan data. Admin yang bertugas untuk mengelola data perusahaan dapat memberi hak akses terbatas pada karyawan.

4. Mengatur Prakiraan Bisnis yang Teliti

Salah satu hal yang sangat penting untuk perkembangan bisnis merupakan prakiraan (forecast) dengan tepat. Pemegang kepentingan untuk perusahaan tergantung terhadap laporan untuk mengatur prakiraan yang nantinya akan bisa mempengaruhi keputusan yang di buat. Maka dari itu, sangat penting untuk perusahaan supaya membuat laporansecara langsung, lengkap, serta konsisten. Solusi dari ERP system yaitu sarana yang dapat memenuhi semua kebutuhan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *