Motion Graphic

Kenali Apa Itu Motion Graphic dan Jenis- Jenisnya

Motion Graphic – Semakin berkembangnya teknologi yang canggih saat ini, anda mungkin sudah melihat animasi setiap harinya. Jadi, pada sebuah industri animasi, motion graphic adalah salah satu jenis animasi yang biasanya paling sering digunakan. Hal tersebut karena motion graphic ini terlihat lebih sederhana tapi begitu berpengaruh pada tampilan visual dalam suatu media.

Apa Itu Motion Graphic ?

Sederhananya, motion graphic merupakan tipe animasi yang memperlihatkan tampilan grafis dengan sebuah gerakan yang dihadirkan untuk menarik perhatian orang yang melihatnya. Pengertian sederhana ini asalnya dari dua kata yaitu  motion (gerak) dan grafis (grafis).

Motion graphic ini mengkombinasikan desain yang berbasis sebuah media visual dengan menambahkan bermacam-macam elemen didalamnya, seperti ilustrasi, tipografi, dan juga fotografi yang diciptakan dengan menggunakan konsep animasi 2D dan 3D.

Jenis-Jenis Motion Graphic

1. Brand Video

Jenis motion graphic ini biasanya dimanfaatkan untuk memasarkan produk atau marketing. Berbagai brand telah menggunakan jenis motion graphic ini saat brand akan mengenalkan produk terbaru atau saat brand memperlihatkan identitas perusahaan.

Jadi, dengan menggunakan animasi motion graphic bagi brand video tujuannya adalah supaya perusahaan bisa menarik perhatian para audiens modern atau “masa kini” yang biasanya menyukai sebuah media visual pada era digital saat ini.

2. Explainer Video

Motion graphic jenis ini berguna untuk membantu audiens mengetahui konsep dari video yang dibuat. Gerakan grafis pada motion graphic memberi kesan tertentu jadi para audiens akan lebih memahami apa yang tengah dilihat pada video tersebut.

Motion graphic explainer video biasanya banyak memanfaatkan elemen yang lain seperti tipografi dan juga animasi kartun. Hal tersebut tentunya untuk menjadikan informasi yang diperlihatkan mudah untuk dipahami oleh para audiens.

Baca Juga : Manfaat Motion Graphic pada Industri Animasi
3. Instructional Video

Jenis motion graphic pada instructional video biasanya digunakan untuk memberikan informasi dengan waktu yang cukup panjang tapi begitu menarik. 

Gerak grafis berfungsi untuk membantu audiens supaya lebih mudah memahami suatu instruksi dengan baik. Tahap pada sebuah video instruksi akan lebih mudah dipahami dan juga lebih mudah diingat  dengan menggunakan motion graphic.

4. Movie Clip

Apabila anda menyukai film, anda mungkin tidak asing pada jenis motion graphic movie clip. Motion graphic pada movie clip digunakan supaya penontonnya merasakan sebuah sensasi yang menarik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *