Metaverse Vs Virtual Reality

Kenali Perbedaan Metaverse dan Virtual Reality

Metaverse Vs Virtual Reality – Istilah metaverse terkenal semnjak Oktober 2021 saat Facebook berganti nama menjadi Meta dalam perayaan penjualan 10 juta perangkat Oculus VR. Ada yang mengatakan Metaverse merupakan pengalaman penggunaan Internet di dunia virtual. Hal tersebut keliru. Virtual reality atau headset VR hanya metode untuk mengakses.

Pengertian Metaverse

Metaverse merupakan tampilan 3 dimensi secara online yang memperlihatkan tempat virtual. Metaverse pertama kali diperkenalkan oleh Neal Stephenson,  penulis dari Amerika Serikat. Dia menggunakannya pada sebuah novel yang berjudul Snow Crash tahun 1992. Novel itu mengatakan Metaverse adalah dunia virtual 3 dimensi yang bisa dimasuki kapan saja. Metaverse bukan sebuah permainan. Anda dapat mengatakan Metaverse sebagai dunia yang didalamnya Anda dapat berbagi ruang virtual yang berkaitan satu sama lain, bahkan anda bisa teleportasi dalam ruangan tersebut.

Perbedaan Metaverse dan Virtual Reality

1. Pengertian

Metaverse merupakan dunia virtual terbuka, permanen dan dapat dibagikan dengan menggunakan akses pada lokasi, solusi, serta dunia virtual 3 dimensi. Dalam hal lain, virtual reality merupakan teknologi untuk menciptakan dunia virtual tiga dimensi yang fungsinya penting.

Namun, sangat penting untuk mengetahui bahwa tidak terdapat pengertian yang pasti tentang Metaverse. Jadi, pada argumen Metaverse dan virtual reality, virtual reality mungkin lebih tinggi kedudukannya dari sisi pengertian.

2. Kepemilikan

Ketika Anda menggunakan teknologi VR, jadi dasarnya Anda menggunakan teknologi yang ada dalam sebuah brand. Brand tersebut memiliki bahan untuk pengalaman teknologi virtual reality. Sementara, dalam dunia Metaverse, para penggunanya mempunyai barang dan pengalamannya sendiri. Pengguna memiliki hak kepemilikan sepenuhnya di Metaverse.

Baca Juga : Apple Siap Saingi Meta dalam Industri Metaverse
3. Batas teknologi

Hanya dengan perkembangan pada teknologi VR, Anda dapat mengalami pengalaman virtual yang lebih menarik. Dan akhirnya, virtual reality merupakan sebuah simulasi untuk bersenang-senang secara virtual. Sementara, metaverse  adalah lingkungan virtual yang luas dan membantu teknologi terbaru untuk menyediakan fungsi yang lebih bermanfaat.

Pengalaman Metaverse dan virtual reality

Pada teknologi VR, Anda bisa merasakan pengalaman menggunakan headset atau perangkat lain yang bisa membantu dalam dunia virtual. Dengan mengkombinasikan teknologi AR dan VR, Metaverse menghadirkan virtual reality yang dapat menjadi perbandingan dunia nyata. Hasilnya, Anda mungkin dapat melakukan kegiatan dalam dunia virtual seperti dalam dunia nyata meskipun berupa avatar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *