Apa Itu Adware

Ketahui Apa Itu Adware dan Cara Mencegahnya

Apa Itu Adware – Teknologi kini membantu kehidupan manusia, namun diikuti juga dengan adanya ancaman berbahaya yang perlu di perhatikan. Adware merupakan salah satu dari beberapa yang perlu di waspadai saat menggunakan internet. Adware adalah salah satu jenis malware yang pastinya sangat mengganggu pengguna karena biasanya akan menampilkan iklan secara otomatis

Apa Itu Adware?

Adware adalah advertising-supported software. Adware merupakan sebuah jenis malware maupun software yang sangat berbahaya. Bahaya adware ini yaitu bisa membocorkan data pribadi penggunanya pada pihak pembuat software dan pengiklan. Adware biasanya dimanfaatkan oleh pembuat pengiklan agar mendapat keuntungan.

Penyebab adanya Adware

Penyebab adware menyerang perangkat biasanya karena kegiatan pengguna tersebut. Mungkin saja penggunanya menginstall sebuah aplikasi yang ilegal, jadi script yang mengandung malware jenis ini sangat mudah menyerang.

Kerusakan yang bisa Disebabkan Adware

Biasanya, malware jenis yang satu ini akan lebih banyak mempengaruhi pengalaman penggunanya. Cara kerjanya yaitu dengan menayangkan iklan pop up secara terus menerus yang sangat mengganggu kegiatan pengguna saat menggunakan perangkat. 

Jenis Adware Sesuai Perangkat

1. Adware Komputer

Adware bisa menyerang PC dan Laptop yang sistem operasi apa saja. Sistem operasi Windows, Linux, MacOS, dan sebagainya bisa diserang. Adware biasanya berawal dari aplikasi yang diinstall illegal melalui internet. 

2. Adware Smartphone

Smartphone pintar bisa terserang apabila penggunanya seringkali mengklik link dari sumber yang ilegal. Pemilik website/link itu bisa saja dengan sengaja memasukan adware pada websitenya lalu menyebarkan link dan menjebak para pengguna smartphone. 

Cara Mengatasi Adware

1. Meng-Update Antivirus dan Antimalware Dengan Rutin

Menggunakan antivirus atau antimalware merupakan solusi yang bisa di gunakan untuk menghindari serta mengatasi adware. Software tersebut nantinya akan memberi notifikasi apabila ada adware yang masuk terhadap perangkat komputer maupun smartphone Anda. 

2. Teliti serta Waspada

Jangan sembarangan meng-klik iklan dari website. Apabila perlu, Anda dapat memasang AdBlocker dalam browser. Akseslah website yang aman dan install aplikasi dari sumber yang terpercaya supaya tidak terkena ancaman malware yang berbahaya. 

3.  Menghapus Adware

Anda dapat mengetahuinya dengan membuka daftar aplikasi yang terpasang lewat control panel maupun menu setting dalam perangkat Anda. Hapuslah aplikasi yang mencurigakan dan seluruh datanya supaya memori dalam perangkat ringan.

Baca Juga : Apa Itu Man in the Middle Attack? dan Bagaimana Cara Mencegahnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *