Perangkat keras Untuk Mengakses

Ketahui Berbagai Perangkat Keras Untuk Mengakses Internet

Perangkat keras Mengakses Internet – Mempunyai manfaat untuk menghubungkan komputer ke internet. Keperluan mengakses internet saat ini tidak bisa dipungkiri, banyak pekerjaan yang sangat memerlukan internet, salah satunya bidang digital.

Berbagai perangkat keras mengakses internet yaitu:

1. WiFi Card atau kartu WiFi

Memiliki dua jenis WiFi Card, yaitu WiFi Card internal dan eksternal. WiFi Card internal tempatnya dalam motherboard CPU komputer. Sementara WiFi Card eksternal, dihubungkan melalui port USB di CPU komputer. Fungsinya yaitu untuk mendapatkan jaringan internet dari WiFi yang dikeluarkan oleh router ataupun modem.

2. Ethernet Card

Hardware ini juga terletak di dalam motherboard CPU Komputer untuk menambah port Ethernet. Fungsinya yaitu sebagai port untuk mennyambungkan kabel dari router kepada komputer. Port Ethernet yang sudah disambung dengan kabel tersebut dapat mengirimkan jaringan internet terhadap komputer.

3. Kabel internet

Terdapat beberapa jenis kabel internet yang dapat di pakai, yaitu kabel fiber optic dan juga kabel tembaga. Kabel internet fiber optic ini biasanya di pakai untuk sambungan pada layanan TV kabel.

Baca Juga : Kenali Skill yang Tidak akan Tergantikan Teknologi

Sementara kabel internet tembaga, di pakai untuk sambungan layanan pada telepon rumah. Kabel internet ini biasanya akan disediakan oleh operator layanan internet (ISP). Fungsi kabel internet ini adalah untuk mengirimkan jaringan internet broadband ke router yang nantinya akan di kirim ke komputer.

 4. Router

Router adalah sebuah hardware untuk mengakses internet yang fungsinya untuk menyambungkan koneksi internet dari broadband ke komputer. Jaringan internet broadband yang di hubungkan ada router, dapt menggunakan kabel tembaga atau fiber optic.

5. Modem

Modem adalah hardware untuk mengakses internet pada komputer. Bedanya dengan modem yaitu perlu menggunakan kabel yang disambungkan ke port Ethernet agar bisa mengakses internet dalam komputer. Sementara router, dapat mengirimkan jaringan internet pada komputer secara wireless koneksi WiFi.

6. Handphone

Dengan adanya fitur “tethering WiFi”, Ponsel kini bisa digunakan untuk menghantarkan jaringan internet melalui koneksi WiFi. Fitur ini bisa untuk merubah Handphone jadi seperti router yang dapat menghantarkan jaringan internet dan membaginya. Jika mengetahui beragam jenis perangkat keras, saat ini tidak harus bingung agar bisa mengakses internet pada komputer. Itulah pembahasan berbagai macam hardware untuk bisa mengakses internet beserta fungsinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *