Keungulan Sistem ERP

Keunggulan Menggunakan Sistem ERP bagi Perusahaan

Keungulan Sistem ERPEnterprise Resource Planning System atau biasanya disebut dengan  sistem ERP ini merupakan sebuah singkatan dari tiga bagian kata enterprise (perusahaan), resource (sumber daya), planning (perencanaan).

Pada umumnya, Enterprise Resource Planning (ERP) ini adalah sebuah konsep untuk melalukan perencanaan dan pengelolaan sumber daya sebuah perusahaan yang biasanya berbentuk sebuah paket aplikasi program yang saling terhubung dan banyak modul yang dibuat untuk melayani berbagai macam fungsi pada perusahaan.

Jadi pekerjaan juga akan menjadi lebih efektif dan bisa melayani para pelanggan, yang nantinya bisa membuat nilai tambahan dan meningkatkan keuntungan yang lebih maksimal untuk berbagai pihak yang berkaitan dengan perusahaan.

Keunggulan Penggunaan Sistem ERP bagi Perusahaan

1. Hubungan Bisnis & Ketepatan Data yang Lebih Efektif

Data yang telah dimasukan hanya membutuhkan satu kali pemasukan saja yaitu Ketika proses transaksi, jadi tidak harus ada pemasukan lagi data terhadap modul yang lain.

Dengan begitu, keperluan untuk melakukan entri data bisa dihilangkan. Bahkan, mungkin akan terjadi kesalahan mengetik data dan menyalin data bisa dimaksimalkan.

Struktur database yang baik akan membuat kegiatan serta keamanan yang lebih efektif dan untuk mencegah terjadinya kehilangan berbagai data penting.

2. Merencanakan dan Manajemen Sistem Informasi

Sistem ERP mempunyai berbagai pendukung untuk membuat keputusan lebih tepat. Untuk menyediakan laporan, sistem ERP bisa membuat laporan yang dibutuhkan oleh manajemen. Laporan itu dapat dinuka oleh manajemen kapanpun Ketika ia membutuhkannya.

Baca Juga : Manfaat Penggunaan Sistem ERP untuk Bisnis
3. Meningkatnya Kemampuan dan Produktivitas

Bukan hnaya merencanakan dengan lebih baik, sistem Enterprise Resource Planning ini bisa meningkatkan kemampuan dalam berbagai kegiatan sehari-hari. Dengan menggunakan sistem ERP, waktu untuk menjual pada kas dan transaksi kepada supplier juga bisa dipercepat.

4. Membentuk Sebuah Langkah-Langkah

Sistem ERP berdasarkan terhadap proses penerapan Internasional terbaik yang dilakukan oleh bisnis yang menggunakannya. Pekerjaan akan menjadi teratur dan tidak bergantung terhadap orang yang tertentu saja. Sistem ERP ini untuk suatu perusahaan bisa meningkatkan efisiensinya.

5. Menjadi sebuah Penghubung Manajemen Untuk Interaksi Pelanggan

Anda bisa mengarahkan informasi bagi pelanggan, agar bisa mengakses dengan lebih cepat. Adanya ERP bagi CRM juga dapat menjadi sebuah media untuk memasarkan produk. Bahkan, kegiatan dalam penjualan dan manajemen sebuah produk juga bisa diketahui dengan otomatis saat melihat sistem yang tersedia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *