WhatsApp Community

Kini, Indonesia telah Memiliki Fitur WhatsApp Community

WhatsApp Community – WhatsApp baru- baru ini telah menghadirkan fitur Komunitas secara global dengan proses bertahap pada negara. Kini, fitur Komunitas telah hadir dalam aplikasi WhatsApp bagi penggunanya di Indonesia.

Fitur tersebut dibuat perusahaan lewat update aplikasi baik itu pada versi mobile, desktop atau WhatsApp web. Fitur Komunitas tandanya yaitu ikon tiga karakter orang. Dalam aplikasi WhatsApp versi mobile, ikon Komunitas ada dibagian sisi kiri tampilan dan berdekatan dengan ikon Chat. Jadi, keberadaannya telah menggantikan ikon kamera WhatsApp. Kamera whatsApp telah beralih pada area atas, yaitu di samping ikon tiga titik serta ikon kaca pembesar.

Sedangkan, dalam WhatsApp versi web dan desktop, ikon Komunitas posisinya dibagian atas daftar obrolan, lurus dengan ikon Status, Profil dan lain-lain. Komunitas merupakan fitur yang dapat menghubungkan grup WhatsApp dengan pembicaraan yang terkait satu sama lain, menjadi satu grup besar.

Contohnya, sebuah grup orang tua dari kelas maupun beberapa grup karyawan dari bagian yang disatukan pada satu grup besar. Dalam fitur ini, admin memiliki kontrol yang sepenuhnya karena dapat membagikan informasi pada seluruh grup yang saling terhubung dalam Komunitas.

Baca Juga : WhatsApp Hari Ini Tidak dapat Diakses Bahkan Tidak Bisa Mengirim Pesan

Bahkan, admin juga dapat menambah grup dan menambah anggota secara personal kedalam Komunitas,  tapi admin Komunitas tidak bisa menjadikan anggota lain menjadi admin tambahan.

Eksperimen di Indonesia dari segi anggota Komunitas, dilansir dari kompastekno, anggota seperti hanya menjadi audiens saja. Karena, anggota bukan hanya dapat mengetahui update yang disampaikan oleh admin saja, dan tidak bisa untuk membalasnya. Anggota juga tidak bisa mengetahui grup apa saja yang bergabung dalam Komunitas, bukan hanya grup yang sudah bergabung.

Tapi, anggota bisa keluar dari Komunitas tersebut. Dalam uji coba tersebut bukan hanya bisa mengeluarkan anggota dari grup saja, tapi hanya keluar dari Komunitas saja. Mengenai rancangannya, tampilan Komunitas hampir sama dengan tampilan grup WhatsApp. Admin dan anggota dapat melihat nama, deskripsi dari Komunitas dan jumlah anggota. Khusus bagi admin dapat melihat grup mana saja yang bergabung dalam Komunitas.
Tahap membuat komunitas juga dikatakan mudah, sama seperti membuat grup WhatsApp. fitur ini diperuntukkan secara bertahap untuk para pengguna WhatsApp diIndonesia. Karena, beberapa pengguna mungkin juga belum bisa menggunakan fitur komunitas WhatsApp ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *