Migrasi ke 4G

Migrasi Ke 4G,Spektrum Frekuensi 3G Bagaimana?

Migrasi ke 4G – Menargetkan migrasi dari 3G ke 4G pada jaringan akan selesai pada akhir tahun ini. Mereka mengatakan ingin melakukan migrasi itu secara berhati-hati.Upaya untuk menyuntik mati jaringan masih dipertimbangkan karena mengingat kebutuhan masyarakat di luar sana untuk akses internet semakin meningkat.

Semuanya bermula dari tidak efisiennya spektrum frekuensi yang digunakan oleh  masing-masing jaringan.Pengalihan dari 3G ke 4G juga merupakan sebuah bentuk efisiensi karena perusahaan sudah tidak lagi menjalankan teknologi yang tidak diperlukan.

Seiring dengan kemajuan teknologi, operator di Indonesia akan mendapatkan manfaat jika pengguna melakukan migrasi dari 3G ke 4G.Hal itu dapat membantu mempercepat penyebaran jaringan 4G yang dapat mempercepat akses para pengguna,serta meningkatan pengalaman pengguna secara keseluruhan, dan mendorong perkembangan sosial yang positif.

Siaran televisi analog menggunakan spektrum frekuensi yang sangat lebar, sementara dengan digitalisasi penggunaan spektrum diberikan secukupnya tetapi efisien.Sisanya,digunakan untuk layanan seluler. Sementara untuk layanan 3G pelanggannya harus berpindah ke layanan 4G. layanan 3G menurut mereka tidak memberi manfaat yang begitu besar,sehingga suntik mati pada layanan 3G akan berdampak luas pada berkurangnya konsumsi energi dan biaya operasional. Kualitas 3G tidak cukup baik, kecepatan akses kurang, dan mematikannya lebih cepat lebih baik.

Menurut mereka, layanan 4G jauh lebih baik dibanding layanan 3G karena akses kecepatannya  lebih baik, konsumsi dayanya pun lebih efisien. Saat ini kebanyakan operator hanya menyediakan layanan yang lebih bermanfaat jika digunakan untuk layanan 4G. Dan jika layanan 5G sudah mulai dikomersilkan, ketika penggunanya semakin banyak dan kebutuhan masyarakat meningkat maka data berbasis 5G akan berkembang pesat.

Berbeda dengan layanan 4G yang berteknologi LTE (long term evolution), layanan 3G menggunakan teknologi WCDMA (wideband code division multiple access) yang kecepatan datanya hanya 2 MB.Dengan lebar frekuensi yang sama, kapasitas 4G LTE bisa sampai 10 MB sampai 1 GB.

Pada layanan LTE bisa berjalan di seluruh frekuensi. Namun penyelenggaraan jaringan LTE disetiap negara bisa berada difrekuensi yang berbeda. Hal ini disebabkan oleh keadaan spektrum frekuensi yang diatur oleh pemerintah dan operator seluler yangmendapatkan lisensi LTE.

Baca Juga : Apple Akan Rillis iPhone SE yang Spesifikasi Mirip iPhone 12

Saat ini,hampir semua operator tidak lagi menggunakan layanan 3G dan penggunanya diupayakan migrasi ke 4G. Namun seiring perkembangan teknologi, sampai saat ini kebanyakan pengguna menggunakan layanan jaringan 4G.

Gratis Konsultasi

Hubungi kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *