Pemanfaatan Teknologi Virtual Reality dalam Berbagai Bidang

Jika mendengar istilah Virtual Reality (VR), banyak diantara kita yang mungkin mengkaitkannya dengan game. Padahal Virtual Reality dapat dimanfaatkan dalam berbagai bidang tidak hanya di dalam dunia game saja. Virtual Reality atau realitas maya sendiri merupakan teknologi yang dibuat untuk dapat berinteraksi dengan suatu lingkungan dan disimulasikan oleh komputer.

Pemahaman lebih mudahnya yaitu imajinasi sebuah lingkungan yang ditiru semirip mungkin dan disajikan lewat teknologi. Saat VR digunakan, otak dan panca indera manusia menghasilkan ilusi seperti benar-benar berada di lokasi. Sehingga euforia lebih terasa. Maka dari itu, Virtual Reality sangatlah membantu dalam berbagai bidang , diantaranya:

1. Bidang kedokteran dan medis

Dibidang kedokteran teknologi virtual reality sangat bermanfaat bagi para dokter untuk melakukan sebuah simulasi sebelum melakukan suatu operasi kepada seorang pasien, ataupun untuk pembelajaran dibidang medis. Karena dengan teknologi virtual reality organ-orang yang ada di dalam tubuh akan terlihat lebih realistis.

Dengan diketahuinya kondisi dari organ-organ yang ada di dalam tubuh lebih realistis dengan menggunakan virtual reality, maka dokter-dokter dan ahli bedah akan dapat membuat keputusan lebih tepat. Virtual reality juga dapat dimanfaatkan oleh para dokter untuk mengetahui perkembangan sebuah penyakit, mendiagnosa penyakit, dan melakukan teknik perawatan yang lebih tepat kepada para pasien.

2. Bidang militer

Dalam bidang militer, Virtual Reality ini membuat para tentara seperti bermain game. Para tentara dilatih untuk berperang di dunia virtual. Seperti latihan tembak, mengendarai kendaraan, dan juga latihan terjun payung. Virtual Reality mampu membuat tampilan digital menjadi lebih nyata untuk di lingkungan medan pertempuran dan situasi peperangan.

Para tentara akan mendapatkan pengalaman yang mengagumkan dan menarik untuk bersiap-siap berperang dikemudian hari. Dengan cara ini juga akan membuat biaya latihan perang jauh menjadi lebih efisien dan lebih hemat jika dibandingkan dengan latihan perang yang sebenarnya yang membutuhkan biaya besar seperti mengeluarkan peluru dan menggunakan bahan bakar transportasi seperti pesawat tempur dan tank.

3. Bidang transportasi

Dalam bidang transportasi, Virtual Reality ini digunakan khususnya dalam dunia penerbangan. Untuk para calon pilot atau bahkan pilot pun pasti akan menggunakan virtual reality untuk latihan menerbangkan pesawat. Dalam virtual reality ini, para pilot akan mendapatkan suasana yang nyata dalam menerbangkan pesawat.

Sehingga para pilot dapat langsung merasakan suasana ketika menerbangkan pesawat tanpa harus mengemudikan pesawat sungguhan. Biasanya alat ini digunakan untuk para pilot yang sedang melakukan tes rutin dalam kelayakan menerbangkan pesawat dan untuk para calon pilot, sebelum mereka menerbangkan pesawat sungguhan, biasanya mereka melakukan tes simulasi dengan menggunakan virtual reality system ini.

4. Bidang otomotif

Dalam bidang otomotif, teknologi Virtual Reality bermanfaat untuk mendesain mobil. Contoh dari perusahaan yang menggunakan teknologi ini yaitu perusahaan mobil Ford . Mereka menggunakan Virtual Reality jenis Oculus Rift Headset untuk mengevaluasi bagian dalam dan luar.

Ketika menggunakan Oculus Rift Headset,desainer akan menggerakan tangannya lalu kamera-kamera akan mengikuti gerakannya sehingga para desainer bisa berkoordinasi dengan perangkat lunak untuk mencocokkan presentasi digital. Selain itu para desainer akan dapat melihat detail-detail dari mobil dibagian dalam maupun di bagian luar.

5. Bidang Media dan Hiburan

Penerapan virtual reality di bidang media dan hiburan terbilang mudah ditemukan. Seperti pada game. Penggunaan perangkat VR memberikan sensasi kepada pengguna, sehingga mereka benar-benar berada di area permainan. Selain itu, VR juga sangat membantu sebagai media untuk mengenalkan potensi wisata tanah air. Seperti melihat keindahan lautan Indonesia. Tak perlu turun ke laut, pengunjung bisa menikmati keindahan dengan bantuan teknologi kamera 360 yang mampu mengambil gambar dari sudut manapun. 

Penerapan lain yang terlihat dengan jelas yaitu hasil tangkapan konser. Kamu yang tak punya kesempatan untuk melihat konser dapat menyaksikan lewat streaming. Kini cara tersebut sudah didukung dengan kamera 360, sehingga menciptakan sensasi seperti di lokasi.

6. Bidang Ekonomi

Berikutnya di bidang ekonomi yang dimanfaatkan untuk mempromosikan barang display atau pajangan. Salah satunya toko Selfridges di London, dimana pengunjung yang datang dapat mencoba berbagai produk yang dijual lebih nyata. Pengunjung hanya perlu berdiri di depan layar yang telah dilengkapi oleh kamera.

7. Bidang Pendidikan

Pendidikan Indonesia makin berkembang setelah penggunaan teknologi dalam proses belajar mengajar. Salah satu contohnya adalah anak didik atau siswa dapat memproyeksikan berbagai kegiatan seperti memproyeksikan ke Antariksa, memproyeksikan anatomi tubuh dan banyak lagi lainnya.

8. Bidang Pariwisata

Pada tahun 2015, dalam acara World Travel Market, Indonesia membuka booth dimana pengunjung dapat memakai VR headset untuk melihat keindahan Indonesia.Virtual reality digunakan untuk meningkatkan nation branding serta menarik pengunjung untuk berkunjung ke Indonesia. Selain berisi tentang keindahan alam di Indonesia, Wonderful Indonesia VR juga memberikan informasi mengenai tujuan wisata, bagaimana perjalanan tujuan ke obyek pariwisata, penerbangan apa yang dapat digunakan sekaligus jadwal penerbangan dan informasi terhubung dengan biro perjalanan yang bersedia.

Itulah tadi beberapa bidang yang memanfaatkan teknologi virtual reality yang mungkin belum banyak diketahui oleh masyarakat umum. Seiring dengan berkembangnya teknologi, tentunya virtual reality merupakan pilihan yang cocok untuk memberikan kemudahan dalam berbagai kegiatan. Dengan kreatifitas dan inovasi dari manusia tentunya virtual reality akan lebih memiliki peran dalam berbagai bidang. 

Hubungi kami sekarang untuk sesi konsultasi gratis. Klik Disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *