Perubahan Facebook – Perusahaan teknologi facebook setelah berganti nama menjadi Meta, perusahaan yang dibangun Mark Zuckerberg berganti nama perusahaan semenjak berdiri tahun 2004 lalu, Meta intinya menuju terhadap istilah Metaverse.
Metaverse adalah sebuah teknologi Augmented Reality (AR) yang membantu pengguna untuk berkomunikasi dengan pengguna lain alam dunia virtual, di Indonesia yang dikenal Virtual Reality (VR).
Teknologi AR sebenarnya telah lama dipopulerkan tapi kembali terkenal sesudah Zuck sang pencipta Facebook berganti nama menjadi Meta. Sudah lama facebook mempopulerkan AR dan VR, bahkan Presiden Joko Widodo sempat diundang secara langsung oleh Zuck pada perusahaan facebook di 1 Hacker Way, Menlo Park, California, Amerika Serikat.
Teknologi VR akan menjadi sebuah teknologi terbaru, diprediksi kepopulerannya media sosial dan game online mungkin akan memudar dan digantikan oleh hadirnya metaverse, metaverse bisa menghadirkan media sosial yang berbasis VR jadi para penggunanya dari mana saja akan bisa berkomunikasi secara langsung dalam dunia virtual tersebut.
Tentu saja hal tersebut akan dilibatkan pada konsep bisnis, yang dimana apabila akan masuk pada bioskop dalam Metaverse anda perlu melakukan pembayaran maka anda akan bisa menggunakan berbagai fasilitas yang tersedia di dalamnya secara virual. Bahkan, yang mempunyai lahan dan dijual Metaverse tersebut pada pengguna mungkin juga dapat melakukan berbagai jenis bisnis disana.
Facebook mungkin mempunyai sekitar 2,85 miliar pengguna aktif, itulah yang menjadi sebuah aset penting dalam faceboook, pengguna facebook tersebut nantinya akan bisa menjadi pengguna metaverse, dengan adanya bangunan yang pengguna buat dalam dunia metaverse, facebook mungkin telah mempertimbangkan hal tersebut lebih dulu, salah satu caranya mungkin akan memanfaatkan sistem facebook ads untuk memberitahukan fasilitas-fasilitas yang tersedia dalam metaverse, mungkin adanya konsep bisnis.
Jadi terdapat berbagai kegiatan manusia yang bisa dilakukan dalam Metaverse, salah satu yang mungkin berpotensi yaitu adalah dunia pendidikan, hal tersebut sangat mungkin dalam metaverse, guru dan murid bisa bertemu di dalam dunia virtual tidak seperti dalam google meet maupun zoom, namun nantinya akan bisa saling berkomunikasi, melakukan pembelajaran dan lainnya.
Tentunya apabila tidak dimanfaatkan dengan tepat, berbagai teknologi pastinya mempunyai pengaruh negatif dan juga positif, kita hanya dapat menghindari pengaruh negatifnya dan meningkatkan pengaruh positifnya.
Teknologi Canggih di GIK UGM - Inovasi teknologi kini hadir lebih dekat dengan masyarakat melalui…
Digital Fatigue: Dampak Penggunaan Teknologi - Di era digital yang serba cepat ini, teknologi telah…
Metaverse VR Karya Mahasiswa UMM - Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) sukses menghadirkan inovasi teknologi…
VR Stanford Kurangi Ketakutan Anak Disuntik Saat Imunisasi - Bagi banyak anak, momen disuntik bisa…
Virtual Reality Dikembangkan oleh Pupuk Kaltim untuk Tingkatkan Kompetensi Operator - PT Pupuk Kalimantan Timur…
Samsung Siapkan Mixed-Reality di 2025 - Perusahaan Korea Samsung akan kembali memasuki dunia mixed reality…