Facebook Dalam Dunia Game

Keikutsertaan Facebook dalam dunia Game

Facebook Dalam Dunia Game РTeknologi berupa Virtual Reality (VR) sangat cocok digunakan untuk bermain game. Dalam pertumbuhan  game virtual saat ini, sebagian besar developer menarih perhatian lebih pada kualitas grafis. Pemanfaatan VR dalam bermain game akan sangat meningkatkan pengalaman dan kualitas grafis dari game sendiri.

Facebook pernah mengumumkan bahwa pada kuartal pertama 2020 ada sekitar 60 game yang bisa dinikmati dengan memanfaatkan Oculus Quest. Bahkan penjualan dari Oculus Quest 2 lima kali lebih besar daripada pendahulunya yang mulai beredar di pasaran pada 2019. VR mungkin telah mulai mendorong pergeseran dari game konvensional menuju game yang memberikan pengalaman lebih nyata.

Berita yang diumumkan Facebook muncul bersamaan dengan pesatnya pertumbuhan VR di dunia game. pertumbuhan ini sebagian besar disebabkan karena tingginya peminat game virtual selama Pandemi berlangsung, selain itu juga karena adanya peningkatan kualitas hardware VR. Dimana saat ini sudah mulai banyak headset yang dipasarkan dengan harga relative terjangkau.

Pertumbuhan pengguna VR diklaim mengalami kenaikan sektiar 1 persen dari total pengguna steam terutama pada tahun 2020. Beberapa tantangan yang cukup sulit dihadapi oleh industri VR adalah terbatasnya kelompok pengguna. Pernah ada penelitian menyatakan sekita 73 persen dari gamers di Amerika tercatat memiliki peralatan gaming, namun hanya sekitar 29 persen yang mempunyai perangkat VR.

Baca Juga : Cara Menonton Peluncuran Roket Artemis I NASA Langsung Dalam VR

Berdasar pengumuman yang disampaikan oleh Facebook terkait Oculus Quest 2 bisa diambil kesimpulan bahwa facebook mampu mengatasi permasalahan yang menghambat. Dengan beberapa pengembangan dimana headset ciptaan Facebook tersebut menawarkan pengalaman yang lebih nyaman bagi pengguna dan diimbangi dengan harga yang relatif murah dari pasaran. Sudah banyak diketahui bahwa umumnya harga dari VR yang cenderung mahal menjadi penghambat para gamer untuk membeli perangkat tersebut.

Hingga pada kuartal ke empat 2020 facebook mampu mencatatkan penjualan Oculus Quest 2 sekitar lebih dari satu juta unit. Terjualnya headset ini juga pasti akan meningkatkan kemungkinan untuk tumbuhnya game VR.

Meskipun keberhasilan facebook patut diapresiasi dalam penjualan Oculus Quest 2 namun Facebook tidak bersedia merilis informasi terkait berapa biaya pengembangan perangkat tersebut. Sehingga pada dasarnya tidak dapat disimpulkan apakah benar perusahaan tersebut meraup keuntungan.

Meskipun Game untuk VR mungkin memiliki titik balik baru, namun perlu diperhatikan juga sejauh mana kemampuan pertumbuhan game VR. Tapi tidak dapat dipungkiri bahwa pengalaman bermain game menggunakan VR jelaslah berbeda dengan pengalaman bermain game konvensional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *