QRIS Terobosan

QRIS Terobosan Yang Perlu Diapresiasi

QRIS Terobosan – Sebagian besar masyarakat indonesia pasti sudah tidak asing dengan terobosan sector keuangan yaoitu QRIS, teknologi ini sudah banyak dipakai dan dimanfaatkan berbagai marketplace. Dan kebanyakan anak muda sudah menggunnakan manfaat dari teknologi ini. Pemakaian dari teknologi ini juga cenderung mudah.

Lalu sebenarnya QRIS itu apa sih?

Jadi teknologi ini merupakan teknologi yang diinisiasi oleh Bank Indonesia. Dimana pada dasarnya teknologi ini menggabungkan berbagai macam jasa pembayaran seperti bank, bank online, e-money dengan bantuan QR code. Sehingga untuk setiap pembayaran yang menggunakan QR code wajib memiliki QRIS.

Bank Indonesia terus berusaha untuk mendistribusikan teknologi ini hingga ke segala lapisan masyarakat, agar proses transaksi pembayaran bisa lebih efisien. Upaya Bank Indonesia ini terbukti ampuh karena dari total penggunanya lebih dari separo adalah UMKM. Bank Indonesia masih belum puas dengan capaian tersebut dan terus mentapkan target untuk menarik sekitar lebih dari 10 juta pelaku usaha untuk menggunakan teknologi ini.

Dari sudut pandang konsumen teknologi ini sangat membantu dan bisa dianggap terobosan besar. karena masyarakat bisa menikmati pembayaran cashless dimana saja dan antar penyedia jasa pembayaran manapun namun tanpa perlu dibebani biaya tambahan.

Baca Juga : Teknologi Tercanggih di Dunia yang Dapat Anda Gunakan

Untuk bisa menggunakan layanan ini bisa didapatkan dengan mudah, hanya dengan membuka rekening pada layanan bank yang telah berijin untuk menyediakan QRIS sebagai metode pembayaran. Pendaftaran juga bisa dilakukan pada bank daerah, karena beberapa bank daerah sudah memiliki ijin. Layanan ini juga bisa dinikmati dengan registrasi pada aplikasi penyedia e-money yang legal seperti gopay, ovo atau juga dana.

Biasanya dalam proses pembuatan seharusnya pelanggan atau nasabah tidak perlu dipungut biaya apapun. Lalu bagaimana proses pendaftaranya?

  1. Daftar rekening bank atau registrasi  pada penyedia layanan keuangan online. Pastikan anda memiliki aplikasinya.
  2. Melakukan registrasi sesuai yang dianjurkan.
  3. Top up saldo anda untuk bisa melakukan pembayaran.
  4. Untuk menggunakanya anda perlu membuka aplikasi
  5. Scan QR code yang tersedia pada mitra yang menyediakan QR code
  6. Sesuaikan nominal pembayaran dengan yang seharusnya
  7. Anda kemudian diminta memasukan PIN anda
  8. Jika sudah lalu klik bayar dan apabila sudah dikonfirmasi, maka pembayaran anda berhasil.

Cukup mudah dan sangat bermanfaat bukan? Adanya aplikasi ini juga akan membantu bank penyedia untuk melakukan pengawasan. Anda juga bisa mengetahui berbagai informasi keuangan anda, dan pastinya aplikasi ini sudah dijamin keamananya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *