NFT

Sedang Ramai, Sebenarnya Apa Itu NFT?

Apa Itu NFT – NFT mulai dikenal pada tahun 2017 ketika game NFT Crypto Kitties diluncurkan. Di sana, pengguna dapat memainkan game berdasarkan blockchain Ethereum. Mereka dapat mengadopsi, memelihara, dan memperdagangkan kucing peliharaan secara virtual.

Beralih ke pengertian singkat, NFT merupakan aset digital yang dapat merepresentasikan barang berharga dengan nilai tukar yang tidak dapat tergantikan. Transaksi akan dicatat dalam data di blockchain. Data tersebut akan berisi informasi tentang pembuat, harga, dan riwayat kepemilikan aset NFT.

Pada umumnya transaksi investasi NFT sering menggunakan ether atau ETH yang merupakan koin yang dibuat oleh Ethereum.

NFT umumnya muncul dalam format digital, seperti JPEG, PNG, GIF dan lain-lain. Jika Anda sudah memiliki aset NFT, Anda bisa menggunakannya untuk jual beli barang dengan bijak. Anda dapat mulai menjualnya dengan mencetak salah satu aset digital Anda sebagai NFT.

Barang yang bisa dijual dalam bentuk NFT bisa berupa karya seni, game dan lain-lain. Dokumen juga bisa sangat mudah diubah menjadi NFT. Tentu saja, harga jual akhir karya Anda akan bergantung pada faktor subjektif seperti kualitas, kreativitas, dan reputasi.

NFT Berbeda Dari Crypto

Harap dicatat bahwa NFT tidak memiliki nilai yang sama. Setiap aset NFT memiliki tanda tangan digital yang tidak dapat ditukar atau setara dengan NFT lainnya. Artinya, satu klip NFT tidak memiliki nilai yang sama dengan NFT lainnya.

Walaupun dilihat dari esensinya NFT merupakan aset yang dikembangkan dari keluarga cryptocurrency, namun ternyata tujuan, bentuk dan cara penggunaannya sangat berbeda dengan aset kripto lainnya yang sama-sama menggunakan teknologi blockchain.

Aset kripto seperti Bitcoin atau uang fisik bahkan memiliki nilai tukar yang sama dan dapat diperdagangkan. Sederhananya, Rp 100 ribu akan selalu memiliki nilai tukar yang sama yaitu Rp 100 ribu meskipun ditukar dengan mata uang Rp 50 ribu.

Sama halnya dengan cryptocurrency yang memiliki nilai tukar yang sama. 1 Bitcoin bernilai 1 Bitcoin. Nilai tukar yang sama ini menjadikan aset kripto sebagai alat transaksi tepercaya di blockchain. Dari sini saja, jelas bahwa perbedaan antara crypto dan NFT sudah jelas.

Baca Juga : Frontera Hadirkan Game dan NFT Bagi Gamer

NFT memiliki kepemilikan mutlak. Dimana siapapun yang memiliki aset tersebut memiliki hak penuh. NFT tidak dapat dibagi menjadi denominasi yang lebih kecil seperti aset kripto lainnya. NFT memiliki data unik yang bekerja seperti sidik jari yang berguna untuk mempermudah proses verifikasi kepemilikan.

Gratis Konsultasi

Hubungi kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *