Serial Netflix 1899

Serial Netflix 1899 Yang Dibuat Menggunakan Virtual Film Production

Serial Netflix 1899 Saat ini, teknologi virtual reality banyak digunakan dalam berbagai macam industri yang disesuaikan kebutuhan bisnis. Misalnya seperti virtual training, virtual tour, virtual expo serta virtual film production yang dilengkapi fitur canggih sesuai dengan kebutuhan pengguna. 

17 November 2022 lalu, Netflix telah menghadirkan series terbaru yaitu 1899. Serial tersebut disutradarai oleh Baran bo Odar yang sebelumnya telah berhasil mengerjakan serial Netflix yaitu “Dark”

Jadi, ap aitu virtual film production dan apa yang telah diterapkan oleh tim produksi serial 1899?

Virtual Storyboards & The Volume

Virtual film production adalah kombinasi teknologi virtual dan teknik pembuatan film untuk menghadirkan visual yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan filmmaker. Contohnya yaitu dengan menggunakan teknik 3D rendering secara langsung, penggunaan sebuah avatar, storyboards serta The Volume pada set film. 

Dalam series 1899, tim produksi menggunakan virtual storyboards dan mengambil gambar lokasi secara 360 untuk menerapkan The Volume, yaitu LED raksasa. Storyboards adalah sebuah ilustrasi gambar yang diperlihatkan berurutan untuk membantu visual scene yang telah dibuat oleh filmmaker sebelum mulai membuat film.

Bedanya dengan series 1899, tim produksi saat ini berinovasi dengan menghadirkan virtual storyboards  berbentuk virtual game dan virtual exhibition. Virtual storyboards ini juga telah didukung oleh perangkat VR yang bisa dilihat oleh seluruh tim. Bukan itu saja, storyboards mereka juga telah menyediakan avatar pemeran dan desain konsep 3D environment yang sesuai dengan tema film.

Bukan itu saja, mereka juga menerapkan teknologi baru yaitu The Volume saat melakukan shooting untuk menggantikan green screen. Penerapan teknologi “The Volume” menghasilkan tampilan  background yang begitu jernih dan dapat diubah sesuai dengan visualisasi storyboards yang diinginkan.

Proses casting dalam serial 1899 tersebut juga dijalankan secara virtual dalam zoom. Jadi, mereka benar-benar telah mengoptimalkan virtual film production saat membuat film ini selama 2 tahun ketika awal pandemi. Mereka juga mengatakan bahwa cara tersebut begitu efektif dan lebih hemat waktu untuk memproduksi sebuah film.  

Menarik sekali bukan penggunaan teknologi VR pada produksi series 1899 ini?. Anda juga bisa menggunakan teknologi VR ini untuk kebutuhan bisnis anda lho! Iptek Digital menyediakan jasa VR AR yang terbaik untuk mewujudkannya.

Baca Juga : “Remembering” Short Film dengan Teknologi AR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *