Strategi Pemasaran Produk Menggunakan Teknologi AR dan VR
Strategi pemasaran Produk

Strategi Pemasaran Produk Menggunakan Teknologi AR dan VR

Strategi pemasaran Produk – Strategi pemasaran produk kini semakin berkembang, dimulai dari tradisional dan digital. Strategi pemasaran dengan media teknologi digital adalah Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR). Pemasaran digital menggunakan AR dan VR kini belum begitu terkenal terutama diIndonesia.

Dalam dunia pemasaran produk, AR dan VR telah diterapkan oleh berbagai brand terkenal. Hal ini menunjukan bahwa AR dan VR bisa memberi pengaruh positif untuk reputasi sebuah brand.

Mengapa Harus Augmented Reality?

Augmented Reality mempunyai kemampuan yang tidak terbantah sebagai media pemasaran digital, dengan keunggulannya untuk menarik perhatian dan menimbulkan daya tarik yang melihatnya.

Teknologi AR bisa menampilkan objek virtual dan menampilkannya dalam dunia di sekitar anda diwaktu yang nyata. AR bisa menampilkan dan memberi cara yang menarik untuk pebisnis agar bisa menjangkau target pasar secara cepat, mudah dan  interaktif. 

Inilah beberapa kelebihan teknologi AR untuk memasarkan produk
1. Meningkatkan Brand Awareness ( Kesadaran Merk)

Strategi pemasaran produk lewat AR bisa meningkatkan brand awareness Anda leat kesan “wah” yang di ciptakannya, kemudian menjadikan audiens dan media membincangkan brand Anda, yang akhirnya membuat brand Anda menjadi terkenal.

2. Meningkatkan Keterlibatan Konsumen (Engagement)

Menurut penelitian dari blippar, kampanye pemasaran lewat AR bisa meningkatkan keterlibatan audiens selama 75 detik. Sedangkan, media tradisional dimulai dari iklan dalam radio sampai TV sekitar 2,5 detik. Terutama billboard, belum tentu orang akan meliriknya.

AR mempunyai keunggulan daya tarik bahkan 30 kali lipat daripada media tradisional.

3. Meningkatkan Pengalaman Konsumen

Interaksi pada brand lewat AR akan meningkatkan pengalaman konsumen karena bisa menjelaskan informasi dari sebuah produk pada calon konsumen dengan begitu lengkap dan juga menarik, jadi mereka akan memperoleh banyak informasi yang ada didalamnya, lebih pasti untuk mengambil keputusan, dan menyelesaikan proses transaksi dengan lebih cepat.

4. Membawa Objek Virtual pada Dunia Nyata

Yang membuat AR istimewa yaitu kelebihannya untuk mengaitkan promosi pemasaran digital Anda pada pengalaman fisik konsumen dengan cara terbaru dan inventif. AR mengaitkan media pemasaran tradisional hingga digital.

AR juga membantu Anda untuk mengubah iklan fisik maupun brosur statis menjadi pengalaman digital yang bisa dikaitkan pada strategi pemasaran digital bagi merk Anda secara mudah.

Baca Juga : Mana Yang lebih Canggih, Augmented Reality Atau Virtual Reality?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *