Tren Augmented Reality, Siap Mendorong Inovasi di 2022

Tren Augmented Reality, Siap Mendorong Inovasi di 2022

Tren Augmented Reality – Tren augmented reality merupakan perkembangan teknologi yang cukup populer belakangan ini. Sebuah inovasi yang membuka pertumbuhan baru pada lini bisnis di seluruh belahan dunia.

2022 diharapkan menjadi terobosan yang mendobrak berbagai sektor. Seperti logistik, pertahanan, manufaktur, retail, dan masih banyak lainnya.

Perkembangan augmented reality (AR) semakin populer berkat metaverse yang memberikan pesona tersendiri di hati masyarakat. Metaverse sendiri merupakan dunia virtual yang memungkinkan pengguna di dalamnya berinteraksi secara real time.

Berbicara tentang AR erat kaitannya dengan teknologi virtual reality (VR). Kedua istilah tersebut berhubungan dengan dunia metaverse yang belakangan ini populer di masyarakat.

Nah, ulasan berikut akan membahas lebih jauh dan spesifik terkait apa itu augmented reality (AR) dan juga berbagai perkembangan atau tren di tahun 2022.

Memahami Augmented Reality dan Contohnya

Apa yang dimaksud dengan augmented reality? Teknologi augmented reality sendiri merupakan alat digital yang berguna untuk memperoleh merger secara real time.

Penggabungan tersebut dapat berupa konten digital di dunia maya dan dunia nyata. Augmented reality adalah alat yang akan memungkinkan pengguna untuk terus melihat berbagai objek virtual di lingkungan dunia nyata.

Teknologi AR dapat menyisipkan informasi ke dalam dunia maya yang nantinya dapat ditampilkan di dunia nyata. Penggunaannya adalah dengan menggunakan bantuan seperti webcam di laptop/PC, kamera di smartphone, atau kacamata tertentu.

Contoh atau ilustrasi nyata penerapan augmented reality dapat Anda temukan di berbagai jenis game. Game AR atau game yang sempat viral beberapa waktu lalu seperti Pokemon Go.

Pokemon Go adalah aplikasi game yang dapat mensinergikan dua dunia dengan teknologi AR. Meskipun dalam penggunaannya masih belum sempurna dan tidak perlu menggunakan dukungan perangkat AR.

Gim ini menggabungkan dunia maya dan dunia nyata dalam bentuk gim yang menarik. Bahkan peminat teknologi AR saat itu cukup banyak, bukan tidak mungkin kedepannya akan lebih canggih lagi.

Contoh lainnya adalah pada media sosial yang saat ini memiliki banyak filter yang unik dan menarik. Seperti di Instagram, beberapa fitur yang tersedia di dalamnya bisa membuat pengguna memakai kacamata padahal sebenarnya tidak.

Penggunaan teknologi AR saat ini cukup banyak dan hampir diberbagai bidang. Salah satu bidang yang sangat terbantu karena teknologi AR adalah bidang medis.

Tren Augmented Reality pada tahun 2022

Anda dapat memanfaatkan pasar yang besar ini untuk memberikan berbagai pengalaman teknologi AR menjadi keunggulan di berbagai bidang industri. Teknologi juga dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi di tempat kerja.

Berikut ini adalah beberapa tren augmented reality pada tahun 2022 untuk mendobrak inovasi teknologi di berbagai sektor, terutama industri bisnis.

1. Tren Augmented Reality dalam Pengembangan Seluler

Banyaknya pengguna yang sudah memiliki perangkat seluler pintar (smartphone) bisa menjadi alasan keunggulan tren AR. Perangkat mobile ini memiliki sifat yang cukup fleksibel, praktis, dan mudah.

Jadi pengguna tidak harus memiliki headset yang mahal untuk menggunakan teknologi AR. Yang terpenting adalah peningkatan dukungan untuk membuat pengguna merasakan teknologi AR lebih nyaman, mudah, dan praktis.

Saat ini di perangkat seluler sudah ada fitur pelacakan wajah dengan chip bionik A12, bahkan lebih baru. Dan masih banyak lagi tren AR dengan penggunaan perangkat mobile lainnya.

2. Pengaruh AR pada Kebiasaan Berbelanja

Tren augmented reality memberikan pengalaman yang cukup besar dan potensial bagi para pedagang atau pelaku bisnis di bidang produk. Terutama bagi mereka yang bergerak di industri fashion seperti Uniqlo, Kohls, Sephora, dan lain sebagainya.

Mencoba pakaian secara virtual bisa menjadi ide yang nyata. Hal ini akan menguntungkan pelanggan untuk mencoba produk tersebut sebelum memutuskan untuk membeli.

Sebelumnya, pembelian online hanya dapat melayani transaksi terbatas. Dan nyatanya banyak yang akhirnya merugi atas barang yang tidak sesuai dengan harapan mereka karena tidak melihatnya secara langsung.

Bahkan, tidak hanya berlaku untuk produk fashion, beberapa lini lain seperti brand IKEA juga memungkinkan pelanggan untuk mencoba secara virtual berkat dukungan teknologi AR.

3. Bekerja jarak jauh

Teleworking akan membantu orang untuk bekerja dari jarak jauh. Ini dimulai selama pandemi selama 2 tahun terakhir. Bahkan pekerjaan jarak jauh kemungkinan akan berlanjut di masa depan bahkan setelah pandemi berakhir.

Tren augmented reality pada tahun 2022 adalah melakukan perbaikan pada pekerja jarak jauh. Sehingga efektifitas kerja akan terjaga dengan baik dan menguntungkan kedua belah pihak yaitu karyawan dan perusahaan.

Pekerjaan jarak jauh menggunakan teknologi AR dapat menggunakan alat WebRTC. Yang dapat membuat para pekerja dan perusahaan terhubung satu sama lain dengan koneksi peer to peer.

Baca juga : https://iptek.co.id/sarung-tangan-mark-zuckerberg-dapat-sentuh-objek-virtual/

4. AR Meningkatkan Keamanan Pengemudi

Penggunaan AR semakin terlihat dan memberikan keuntungan bagi pengemudi kendaraan seperti mobil. Contohnya BMW, salah satu merek kendaraan yang telah menggunakan teknologi AR pada produknya.

Klien atau calon pembeli dapat merasakan kendaraan baru di jalanan tanpa harus pergi ke dealer. Jadi Anda bisa mencoba pengalaman menjajal berkendara dengan mobil yang ingin Anda beli.

Tentunya hal ini memberikan banyak keuntungan baik bagi calon pembeli maupun penjual. Karena membantu meminimalkan resiko kerusakan pada percobaan yang dilakukan.

Tidak hanya itu, teknologi AR juga dapat membantu pengemudi alat berat untuk melakukan latihan simulasi. Sehingga dapat meminimalisir resiko kesalahan yang bisa terjadi.

Perkembangan tren augmented reality pada tahun 2022 semakin populer dan banyak lini yang menggunakannya. Pasalnya, menawarkan banyak manfaat dan efektifitas dalam penggunaan.

Gratis Konsultasi

Hubungi kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *