Tren Teknologi 2022

Tren Teknologi Untuk Bisnis di Tahun 2022

Tren Teknologi 2022 – Teknologi diciptakan untuk mempermudah kehidupan manusia. Oleh karena itu, teknologi akan terus berkembang mengikuti perkembangan kebutuhan manusia. Setiap tahun kemunculan teknologi terkini terus mewarnai kehidupan manusia. Banyak aspek yang tersentuh oleh teknologi mulai dari medis, komunikasi, pendidikan hingga ekonomi.

Perkembangan teknologi yang terjadi di masa pandemi telah mendorong para pelaku bisnis dan ekonomi untuk mampu bertahan dan mengejar laju transformasi serta bersaing di industri. Berikut tren teknologi dalam bisnis yang perlu Anda ketahui.

Metaverse

Nama Metaverse adalah kata kunci terbaru yang menangkap imajinasi industri teknologi dengan cara ini. Apa itu Metaverse? Anggap saja sebagai Internet yang disajikan dalam 3D.Mark Zuckerberg menggambarkannya sebagai “lingkungan virtual” yang bisa Anda masuki, tidak hanya melihat layer. Melalui metaverse, Anda bisa mendapatkan akses ke berbagai jenis hiburan serta peluang bisnis. Metaverse diharapkan menjadi ruang luar biasa yang bisa dikunjungi oleh siapa saja. Ekosistem untuk berbagai aplikasi, iklan dan inovasi digital akan tercipta dengan perkembangan teknologi ini. Pengguna bisa mendapatkan interaksi sosial, hiburan dan produktivitas di tempat kerja secara bersamaan.

Beberapa perusahaan ternama yang sudah mulai menerapkan metaverse adalah ByteDance, Facebook, Spotify, Zoom dan juga Amazon. Perusahaan ternama Apple berencana merilis kacamata AR sebagai langkah memasuki metaverse. Aplikasi Microsoft Teams dari Microsoft juga menawarkan fitur pertemuan 3D untuk interaksi virtual yang terasa lebih nyata. Pada tahun 2022 sendiri, ekosistem metaverse diharapkan bisa lebih baik lagi. Ini akan berdampak pada penggunaan perangkat AR dan VR, teknologi komunikasi, platform kolaboratif, teknologi perawatan kesehatan, mata uang digital, dan banyak lagi.

Popularitas NFT yang Meningkat

Token Non-Fungible, juga dikenal sebagai NFT, adalah bukti kepemilikan aset digital yang dapat dibeli dengan cryptocurrency. Properti tersebut dapat muncul dalam bentuk nyata seperti lukisan hingga hadir dalam format digital seperti peralatan dalam video game. Menariknya, NFT juga bisa hadir dalam bentuk hybrid seperti kepemilikan mobil antik.

NFT sendiri merupakan bagian dari ekonomi digital yang semakin dikenal karena dapat mewakili kepemilikan sebuah karya seni dan lain-lain. Ekonomi digital ini mencakup berbagai pasar online seperti game online, media sosial, hingga real estate virtual. Pada tahun 2022, NFT diharapkan lebih mudah ditemukan, termasuk di acara TV, buku, dan film. Fenomena NFT dapat mengalahkan koleksi tradisional di masa depan.

Baca Juga : Meta Ungkap Tren Sosial yang Pengaruhi Bisnis di 2022

Total Experience (TX)

TX merupakan salah satu pendekatan untuk meningkatkan seluruh jajaran manajemen pelanggan dan karyawan perusahaan. Pengalaman pelanggan (CX), pengalaman karyawan (EX), pengalaman pengguna (UX), dan multi-pengalaman (MX) adalah bagian dari TX. TX bertujuan untuk meningkatkan kepercayaan dan kepuasan pelanggan dan karyawan. Proses bisnis TX yang adaptif dan fleksibel akan meningkatkan penjualan dan keuntungan perusahaan. Implementasi solusi Human Capital Management (HCM), Customer Relationship Management (CRM), dan Unifed Communication merupakan salah satu bentuk pelacakan dan ekspresi tren TX di dalam perusahaan. Anda dapat berkonsultasi solusi terkait total pengalaman dengan Phintraco Technology, MitraComm Ekasarana, dan Phintraco Consulting.

Kemajuan Sektor Robot Secara Universal

Pada tahun 2022, penggunaan robot dalam kehidupan sehari-hari diperkirakan akan meningkat. Tren teknologi robot mencakup sektor kesehatan, otomotif, pertanian, dan banyak lagi.

Pandemi COVID-19 menjadi peluang bagi sektor robot untuk memberikan otomatisasi yang memudahkan operasional bisnis. Ke depan, RPA atau Robotics Process Automation diharapkan dapat berkembang menjadi teknologi standar dalam bisnis. Akibatnya, pekerjaan berulang dapat dihilangkan.

Gratis Konsultasi

Hubungi kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *