Yuk, Kenali 3 Perbedaan Photoshop CS dan CC - Iptek Digital
Perbedaan Photoshop CC dan CS

Yuk, Kenali 3 Perbedaan Photoshop CS dan CC

Perbedaan Photoshop CC dan CS – Memang tidak ada perbedaan secara teknis antara kedua aplikasi tersebut. Tetapi, dilihat dari pemakaian, lisensi, ataupun penyimpanan mempunyai perbedaan yang jelas terlihat.

Inilah 3 hal mengenai perbedaan antara Adobe CS (Creative Suite) dan Adobe CC (Creative Cloud).

3 Perbedaan Photoshop CC Dan CS Yaitu

1. Lisensi Adobe Creative Cloud dan Adobe Creative Suite

Perbedaan yang sangat mendasar yaitu dari lisensinya. Pada jenis CS mempunyai 1 lisensi seumur hidup yang wajib membelinya di muka. Maksudnya, apabila Anda telah membeli produk dari Adobe dengan harga yang begitu fantastis tersebut, maka lisensi akan seumur hidup untuk maksimal 2 komputer, laptop atau PC kantor.

Tapi apabila Anda menggunakan Adobe CC. Karena sistem yang disediakan adalah sewa, maka tidak akan memperoleh hak kepemilikan sepenuhnya bahkan selamanya. Ada batas jangka waktunya, saat masa lisensinya habis dan tidak melakukan perpanjangan, maka aplikasi tidak bisa digunakan lagi.

2. Update Versi Aplikasi Adobe CS dan Adobe CC

Dilihat dari instalasinya, sudah jelas Adobe CC lebih unggul sebab tidak mewajibkan aplikasi terinstal pada komputer penggunanya. Anda sebagai pemilik lisensi hanya perlu login ke halaman Adobe Console, dan mengelola pengaturan siapa saja pengguna yang dibolehkan untuk menggunakannya. Hal ini bisa mencegah orang sembarangan yang ingin menggunakan aplikasi dengan bebas dan gratis.

Baca Juga : Kelebihan dan Kekurangan Adobe Photoshop

Sedangkan Adobe CS, masih melakukan instalasi secara manual. Pada komputer para pengguna harus terinstal aplikasi yang akan digunakan. Misanya, Anda biasanya sering memanfaatkan Photoshop untuk membuat desain, jadi pada komputer kantor, software ini tentu saja harus terinstal. Untuk mempermudah proses lembur yang sewaktu-waktu diperlukan, Anda juga diharuskan memasang perangkat lunak desain ini di laptop.

3. Penyimpanan Data

Untuk melakukan pertukaran data, Adobe CS lebih menghabiskan waktu yang lama. Karena, Anda hanya dapat bertukar data lewat flashdisk, harddisk eksternal, ataupun email. Tidak efektif dan bisa memenuhi memori penyimpanan.

 Sebaliknya Adobe CC membuat kelemahan di Adobe CS ini menjadi kelebihan. Karena, Adobe menyediakan perangkat penyimpanan hingga 20GB di cloud storage. Namun hal terpenting yaitu internet yang harus memadai. Selama akses internet memadai, Anda bisa mengakses data kapan saja dan juga di mana saja, bahkan bisa berkolaborasi pekerjaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *