Keunggulan kamera 360 derajat

Yuk Ketahui Keunggulan Kamera 360 Derajat

Keunggulan Kamera 360 – Keunggulan kamera 360 yang bisa merekam ke segala arah mulai digandrungi di dunia mobile dan online streaming. Teknologi baru ini menjadi incaran karena penonton bisa menonton rekaman video dengan menggerakkan kursor di layar ke kiri, kanan, atas, dan bawah untuk melihat keseluruhan adegan dalam sebuah gambar atau video.

Bidikan kamera 360 kini didukung oleh platform media sosial, yang memberikan pengalaman unik bagi pemirsa. Lebih indah lagi bila penggunaannya dipadukan dengan drone atau perangkat lain yang membuat keunggulan kamera 360 semakin optimal.

keunggulan kamera 360

Selain mampu menghasilkan tampilan gambar yang tak terbatas, kamera 360 juga memiliki kelebihan lain yang akan memanjakan penggunanya. Bentuknya yang unik juga membuat kamera 360 sering menarik perhatian. Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa keunggulan kamera 360.

1. Kamera 360 memiliki lensa fish eye

Ada dua atau lebih lensa fish eye yang terdapat pada kamera 360 dengan jangkauan 180 derajat. Setiap lensa mampu menangkap dan menggabungkan gambar yang tajam dan akurat, pada saat yang bersamaan.

Di sisi lain, kamera 360 ini juga bisa digunakan untuk mengambil gambar dan menghasilkan foto dengan distorsi yang keren.

2. Memiliki bidang pandang yang tidak terbatas

Tidak bisa dipungkiri, dengan kamera biasa, jepretan atau rekaman yang dihasilkan memiliki bidang bidang yang terbatas. Akibatnya, akan lebih sulit jika ingin mengambil banyak mata pelajaran sekaligus. Namun, dengan kamera 360, bidang pandang menjadi lebih luas dari semua sisi.

Oleh karena itu, kamera 360 sangat cocok digunakan untuk menggambarkan suasana atau pemandangan.

3. Dapat dikombinasikan dengan teknologi Virtual Realit

Teknologi Virtual Reality (VR) merupakan perangkat digital yang dapat memberikan pengalaman virtual kepada penggunanya. VR telah banyak digunakan di berbagai bidang, seperti militer, transportasi, kesehatan, ekonomi, media, dan terutama hiburan.

VR sendiri tampaknya meningkatkan minat pengguna pada komponen pendukung lainnya, seperti kamera 360 derajat. Apalagi hasil rekaman di kamera 360 akan lebih asyik jika dilihat menggunakan perangkat VR, seperti Google Cardboard yang dibanderol seharga Rp 130 ribu. Anda bisa merasa seperti sedang merekam karena hasilnya terasa begitu nyata.

4. Terhubung dengan telepon melalui Wi-Fi Direct atau Bluetooth

Melalui Wi-Fi Direct atau Bluetooth, kamera 360 juga dapat dihubungkan ke ponsel. Tentunya hal ini memudahkan untuk melihat objek yang sedang dibidik, kemudian mentransfer dan menyimpannya langsung di galeri ponsel.

Setelah itu, kelebihan dari kamera 360 ini tentunya akan sangat memudahkan jika Anda ingin memamerkan hasil jepretan Anda di media sosial.

Baca juga : https://iptek.co.id/teknologi-tercanggih-di-dunia-yang-dapat-anda-gunakan/

5. Hasil dapat dinikmati di Facebook dan Google

Perusahaan teknologi Facebook dan Google menyambut baik potensi konten yang dihasilkan oleh kamera 360 derajat ini. Selain perangkat VR, Anda dapat menikmati konten video atau foto dalam format 360 derajat ini secara langsung melalui Facebook dan YouTube.

Untuk melihat bidang pandang yang berbeda, gerakkan kursor di layar ke kiri, kanan, atas, atau bawah.

6. Mendukung aplikasi pengeditan video 360 derajat

Bagi para content creator yang ingin menyajikan video atau foto 360 derajat yang kreatif dan interaktif, ada beberapa aplikasi edit video yang bisa digunakan. Contohnya Adobe Premiere Pro. Selain itu, Samsung juga menyediakan aplikasi bernama Gear 360 Action Director yang dapat diunduh secara gratis.

Pastikan Laptop/PC yang digunakan untuk mengedit video memiliki power yang besar agar tidak stutter saat mengedit.

7. Memiliki desain yang inovatif

Untuk diketahui, kamera 360 ini belum memiliki pegangan yang jelas pada desain kamera. Misalnya, Samsung Gear 360 memiliki desain kamera sferis, Ricoh Theta berbentuk persegi panjang dan terlihat seperti remote, dan Kodak PIXPRO SP360 4K berbentuk seperti kubus. Jumlah lensa yang dimiliki kamera 360 juga bervariasi, tergantung produknya.

Tidak adanya standar yang jelas mengenai desain kamera 360 sebenarnya mendorong inovasi dan perkembangan teknologi, baik dari segi desain maupun kualitas gambar atau video yang dihasilkan.

Ya, meski kamera 360 ini tidak sebooming drone atau action cam, namun penggunaannya di Indonesia semakin menjamur. Kamera 360 ini bisa menjadi pilihan bagi pecinta fotografi yang ingin mendalami bidang ini lebih jauh.

Gratis Konsultasi

Hubungi kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *