Bagaimana Metaverse Mengubah Industri E-Commerce?
Bagaimana Metaverse Mengubah Industri E-Commerce? – Metaverse diprediksi akan berkembang secara signifikan pada beberapa tahun ke depan.
Semakin berkembangnya teknologi ini, dampak yang diberikan metaverse juga terlihat begitu besar dan mempengaruhi berbagai industri, salah satunya dalam bisnis.
Perkembangan teknologi ini mempengaruhi industri bisnis dengan banyaknya layanan baru yang menghubungkan pembelian offline dan online.
Selain itu, ditambah dengan adanya teknologi AR yang semakin masif, pelanggan bisa menilai kualitas sebuah produk sebelum melakukan pembelian.
Hal tersebut membuat pelanggan bukan hanya mendapatkan kenyamanan, tapi juga kepercayaan untuk mengambil keputusan pembelian mereka.
Teknologi AR dalam metaverse ini bisa memudahkan proses pembelian yang sangat menguntungkan, baik itu untuk pembeli atau penjual.
Bagaimana Metaverse Mengubah Industri E-Commerce?
Memberi Personalisasi Pengalaman
Sebelumnya, proses personalisasi dalam website E-commerce berhenti pada rekomendasi dan penawaran.
Sedangkan, metaverse menyediakan pengalaman personalisasi yang sangat menarik untuk pelanggan dengan kemampuan mereka untuk menawarkan pengalaman yang lebih imersif.
Meningkatkan Keuntungan
Wajar bagi pengguna untuk melakukan pembelian produk yang bisa diuji dalam gambar 3D.
Dengan adanya teknologi canggih dalam metaverse, pelanggan bisa membuat keputusan yang tepat.
Hal tersebut tentu saja bisa meningkatkan penjualan dan menghasilkan keuntungan yang lebih tinggi bagi penjual.
BACA JUGA : Teknologi AR e-Commerce Untuk Meningkatkan Pengalaman Belanja
Meningkatkan Keterlibatan dalam Komunitas
Melalui metaverse, penjual bisa membangun hubungan simbiosis dengan pelanggan dan fanbase mereka.
Selain itu, penjual juga bisa mempunyai acara perilisan produk yang bersifat eksklusif dalam dunia metaverse yang hanya bisa diakses oleh pelanggan eksklusif.
Insight dari Pelanggan
Dengan menerapkan metaverse, penjual bisa membuat konten yang menarik dan interaktif dengan koleksi produk virtual.
Penjual bisa mengetahui berapa banyak produk yang perlu diproduksi berdasarkan umpan balik (feedback) pelanggan dalam dunia virtual metaverse.
Penjual juga bisa mengetahui gambaran produk mereka tanpa harus membuatnya terlebih dahulu.
Pengalaman Belanja Pelanggan
Teknologi metaverse ini juga bisa meningkatkan pengalaman belanja pelanggan.
Hal tersebut dibentuk dari kenyamanan dan banyaknya fitur yang bisa memudahkan proses berbelanja pelanggan dalam dunia virtual.
Tingkat Retur menjadi Lebih Rendah
Produk kosmetik, pakaian, dan sepatu biasanya mempunyai tingkat retur yang relatif tinggi untuk pembelian secara online.
Dengan adanya website E-commerce dalam metaverse, calon pelanggan bisa menjajalnya terlebih dahulu atau melihat gambaran produk sehingga mereka bisa mencoba produk sebelum membelinya.
Leave a Reply