Apa Itu Animasi 3D? - Iptek Digital May 21, 2024
Animasi 3D

Apa Itu Animasi 3D?

Animasi 3D – Merupakan hal yang biasa di dengar dalam dunia animasi, tapi mungkin saja Sebagian masih tidak  memahami apa itu animasi 3D.

Apa Itu Animasi 3D?

Animasi 3D adalah pembuatan gambar bergerak di dalam sebuah ruang digital 3 dimensi. Hal tersebut di lakukan dengan cara membuat frame yang menyerupai berbagai gambar, di tampilkan menggunakan kamera virtual, serta output-nya berbentuk video yang telah di gabungkan seluruh objeknya, apabila tujuannya untuk membuat sebuah game. Animasi 3D biasanya akan di tampilkan yang kecepatannya lebih dari 24 frame per detik.

Konsep animasi 3D ini merupakan sebuah model yang mempunyai bentuk, volume, dan juga ruang. Animasi 3D adalah jantung dari sebuah game dan virtual reality, namun biasanya animasi 3D juga dimanfaatkan saat presentasi grafis untuk menambah efek visual dalam tampilannya.

Animasi 3D merupakan sebuah objek animasi yang ada pada ruang 3D. Animasi tersebut bukan hanya mempunyai tinggi dan lebar, tapi juga mempunyai volume dan Objek animasi dapatt bergerak seperti objek yang aslinya, lalu tampilannya yang seakan nyata.

Konsep Objek Animasi 3D

Objek 3D memiliki bentuk, volume, serta ruang. Jadi objek ini mempunyai koordinat sepertiX, Y, dan Z. Apabila dalam animasi 2D, objek hanya bisa bergerak pada dua arah, yaitu kanan dan kiri (X) serta atas dan bawah (Y), jadi berbeda dengan animasi 3D. Dalam animasi 3D, objek bisa bergerak ketiga arah, yaitu kanan  kiri (X), atas bawah (Y) serta depan belakang (Z).

Baca Juga : Motion Graphic, Grafis Gerak yang Terbaik

Jadi umumnya objek 3D mempunyai berbagai objek berbentuk bagian pembuat objek tersebut, Biasanya berupa Vertex, Edge, dan Face. Vertex adalah titik yang ada di koordinat X, Y, Z. Mengkombinasikan dua Vertex mungkin menjadi Edge. Tiga Vertex dan Edge yang dibuat di bidang permukaan seperti kurva tertutup mungkin menjadi Face. Gabungan dari Vertex, Edge, dan Face akan menghasikan sebuah objek utuh yang dikatakan dengan Mesh.

Jenis Model 3D

Moel animasi 3D dibagi menjadi dua, yaitu Hardsurface dan Organic. Model hardsurface merupakan berbagai bentuk objek yang dibuat dan disusun oleh manusia, seperti arsitektur, kendaraan, robot, dan mesin lain. Sementara model organic merupakan subjek yang secara alami telah ada di alam, seperti hewan, tumbuhan, batu, awan, petir, dan lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *