Apa Itu HRIS, Human Resource Information System?
HRIS

Apa Itu HRIS, Human Resource Information System?

HRIS – Merupakan salah satu teknologi yang kini biasanya banyak dicari untuk di gunakan dalam sebuah perusahaan, tapi sebenarnya apa yang disebut dengan teknologi HRIS ini?

Definisi HRIS Menurut Para Ahli

Apabila tida ada definisi HRIS menurut para ahli, mungkin kita dapat mengambil definisi bahwa HRIS adalah sebuah sistem yang dimanfaatkan untuk mengelola sumber daya manusia yang ada di sebuah perusahaan. Apalagi, jika perusahaan tersebut mempunyai rasio yang besar, pastinya jumlah karyawan yang ada akan lebih banyak dan pengelolaannya cukup rumit daripada dalam perusahaan yang karyawannya lebih sedikit.

Komponen yang Ada Dalam HRIS

1. Absen

Komponen yang biasanya sering dicari oleh perusahaan dari teknologi THIS ini yaitu adalah kemampuannya untuk mendata seluruh absensi setiap karyawan secara detail dan akurat. Jadi itulah kenapa absensi sering menjadi komponen utama teknologi HRIS.

2. Menghitung Gaji dan Pajak

Dengan menggunakan teknologi HRIS ini, setiap perusahaan tidak harus repot untuk menghitung gaji dan tugas karyawannya secara manual. Menggunakan komponen menghitung gaji dan juga pajak, maka perusahaan bisa lebih natural pada karyawan tanpa harus melewati prosedur yang Panjang.

Baca Juga : Snapchat Membawa AR ke Konser Live Nation
3. Dokumentasi Keperluan Kerja

Ini juga adalah sebuah alasan mengapa banyak perusahaan yang mencari komponen untuk dokumentasi dan memproses keperluan yang mendukung kerja ketika memilih sistem HRIS ini.

Fungsi HRIS untuk Mengelola Bisnis

1. Otomatiasasi Pekerjaan yang Berulang

Dengan menggunakan sistem manajemen sumber daya manusia, masalah tersebut bisa diatasi karena berbagai pekerjaan administratif yang biasanya berulang-ulang bisa dikerjakan secara otomatis. Dengan begitu, karyawan bisa fokus terhadap pekerjaan lain yang sudah menjadi tugas utamanya.

2. Meminimalisir Terjadinya Kesalahan

Potensi terjadinya kesalahan bisa diminimalisir pada platform HRIS yang dimanfaatkan yang kini semakin berkembang jadi sebagian pekerjaan tidak harus menunggu inisisasi staf HR, namun bisa dikerjakan langsung oleh karyawan dengan staf HR yang nantinya akan memeriksa untuk memberi validasi.

3. Memudahkan Mengelola Kinerja

Dengan HRIS yang terhubung satu sama lain, berbagai bagian penilaian kinerj karyawan bisa dicatat lebih mudah, jadi staff HR juga lebih mudah untuk mengambil keputusan tentang performa karyawan tersebut, akan tetapi dengan menggunakan HRIS, Langkah-langkah tersebut bisa dikerjakan dengan lebih mudah, bahkan staff HR tidak perlu berpergian dari ruangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *