Transformasi Digital

Apa Itu Transformasi Digital?

Transformasi Digital – Istilah transformasi digital pastinya sudah sering Anda dengar. Istilah ini memang sedang banyak digunakan seiring dengan semakin kuatnya penetrasi teknologi digital di sekitar kita. Namun, sebenarnya ap aitu transformasi digital?

Transformasi digital adalah penggunaan teknologi untuk mengubah proses analog menjadi proses digital. Kita telah mengalami digitalisasi di semua bidang kehidupan, mulai dari jam tangan pintar hingga asisten rumah tangga dengan kecerdasan buatan. Transformasi digital lebih mengacu pada cara teknologi merevolusi bisnis dengan bidang teknologi baru seperti pembelajaran mesin, data besar, dan internet untuk segalanya.

Apa dampak digitalisasi terhadap bisnis?

Transformasi digital dalam bisnis sedikit lebih kompleks daripada mengganti surat pos dengan email. Transformasi ini menggunakan teknologi untuk meningkatkan pengalaman pelanggan, rantai pasokan, manajemen pemangku kepentingan, dan proses bisnis secara keseluruhan. Jika Anda masih beroperasi dalam sistem analog, saatnya Anda untuk memulai inisiatif transformasi Anda.

Apa manfaat transformasi digital?

Tingkatkan manajemen sumber daya

Cara lama tidak selalu merupakan cara terbaik. Ini berarti kolaborasi yang awalnya bergantung pada penjualan melewati dokumen untuk membiayai kapan pun mereka memiliki waktu luang sekarang dapat terjadi secara instan dari satu folder bersama yang aman dan terlindungi.

Dokumen, gambar, dan bahkan video panjang semuanya dapat disimpan dengan aman secara online dan mudah diakses dari PC, laptop, atau perangkat seluler Anda, di mana pun Anda berada.

Menjadi lebih efisien

Pemrosesan digital hampir selalu lebih cepat daripada analog. Kontrak, misalnya, biasanya membutuhkan waktu berhari-hari untuk diselesaikan. Dengan cara digital, kini Anda dapat memangkasnya menjadi beberapa menit. Tanda tangan elektronik berarti Anda tidak perlu lagi khawatir tentang mencetak kontrak dan mengirimkannya melalui email. Anda cukup meminta tanda tangan email pada dokumen digital dan penerima dapat menandatanganinya segera setelah dokumen tiba di kotak masuk email mereka. Bahkan jika Anda bekerja dengan salinan cetak, Anda masih dapat membuatnya jauh lebih efisien dengan pemindai dokumen Dropbox. Cukup gunakan kamera ponsel Anda dan ubah dokumen Anda menjadi file digital, siap untuk dikirim melalui email, dibagikan, atau disimpan dengan aman di akun Dropbox Anda.

Baca Juga : Sedang Ramai, Sebenarnya Apa Itu NFT?

Temukan Bakat & Gairah Lebih Mudah

Transformasi tidak hanya mengubah cara bisnis melayani pelanggannya, tetapi juga mengubah cara perusahaan bekerja. Pandemi Covid-19 membuat perubahan ini semakin jelas. Situasi kerja WFH (Work From Home) justru membuat karyawan lebih produktif dan bisnis lebih efektif.

Berdasarkan laporan yang dirilis APS Workforce Strategy, fleksibilitas waktu yang didapat saat WFH (Work From Home) terbukti mampu mempertahankan skill yang ada. Tentu hal ini sangat bergantung pada strategi departemen SDM masing-masing perusahaan. Pengembangan juga masih bisa dilakukan, tentunya berkat transformasi digital. Teknologi akan mempercepat pengembangan kemampuan karyawan. Salah satu contoh nyata adalah dengan pelatihan virtual reality. Dengan pelatihan virtual, peserta tidak harus datang langsung ke tempat, tetapi tetap bisa mengikuti pelatihan dengan baik. Bakat karyawan semakin terasah dengan teknologi ini.

Gratis Konsultasi

Hubungi kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *